ANALISIS KESALAHAN DALAM PENGGUNAAN STRUKTUR IDHAFAH PADA KETERAMPILAN MENULIS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA

ADJIE SANTOSO, . (2022) ANALISIS KESALAHAN DALAM PENGGUNAAN STRUKTUR IDHAFAH PADA KETERAMPILAN MENULIS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data deskriptif tentang analisis kesalahan penggunaan struktur Idhofah dalam keterampilan menulis siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 3 di Jakarta. Peneliti melakukan penelitian ini di SMP Muhammadiyah 3 Jakarta dari bulan agustus 2021 sampai januari 2022 M dengan metode deskriptif analitis. Peneliti memperoleh data dari penugasan untuk pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan struktur idhofah yang bersumber dari buku pelajaran. Berdasarkan hasil analisis 25 siswa tahap persiapan Muhammadiyah 3 di Jakarta untuk kelas 8. Banyak dari mereka melakukan kesalahan dalam penggunaan kesalahan tata bahasa (22%), dan jumlah kesalahan dalam jenis ini adalah 82. Dan dalam penggunaan kesalahan morfologi (15%) dan jumlah kesalahan pada tipe ini 57 kesalahan. Dan dalam penggunaan semantic error (12%) dan jumlah error pada tipe ini 46 error. Bentuk-bentuk kesalahan yang terjadi dalam penggunaan struktur idhofah dalam keterampilan menulis siswa adalah kesalahan gramatikal, kesalahan morfologis, dan kesalahan semantik. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam penggunaan struktur idhofah keterampilan menulis siswa, antara lain: Asumsi yang salah, Ketidaktahuan akan kaidah dan Kurangnya pemahaman terhadap kalimat Solusi untuk mengurangi kesalahan siswa adalah guru menjelaskan perbedaan kedua kata tersebut, yaitu Mudhof dan Mudhof ilaih. Keduanya memiliki makna yang berkaitan dan guru memberikan pelatihan kepada siswa untuk menulis kalimat, memahami teori dan fungsi dari setiap posisi kalimat, dan siswa melakukan latihan sendiri di dalam atau di luar kelas. Untuk meningkatkan kosakata, guru harus berlatih dengan siswa, banyak berbicara tentang struktur tambahan dalam kalimat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa tahap persiapan Muhammadiyah 3 di Jakarta khususnya kelas 8 banyak yang belum memahami struktur *************************************************** This study aims to obtain descriptive data on the analysis of errors in the use of the Idhofah structure in the writing skills of Muhammadiyah 3 Junior High School students in Jakarta. The researcher conducted this research at SMP Muhammadiyah 3 Jakarta from August 2021 to January 2022 AD with analytical descriptive method. Researchers obtained data from assignments for questions related to the idhofah structure sourced from textbooks. Based on the results of the analysis of 25 students of Muhammadiyah 3 preparation stage in Jakarta for grade 8. Many of them made mistakes in the use of grammatical errors (22%), and the number of errors in this type was 82. And in the use of morphological errors (15%) and the number of errors in this type 57 errors. And in the use of semantic errors (12%) and the number of errors in this type 46 errors. The forms of errors that occur in the use of the idhofah structure in students' writing skills are grammatical errors, morphological errors, and semantic errors. The factors that cause errors in the use of the idhofah structure for students' writing skills include: Wrong assumption, Ignorance of the rules and don't understand the sentence. The solution to reduce student errors is for the teacher to explain the difference between the two words, namely Mudhof and Mudhof ilaih. Both have related meanings and the teacher provides training for students to write sentences, understand the theory and function of each sentence position, and students do the exercises themselves inside or outside the classroom. To increase vocabulary, the teacher should practice with students, talk a lot about additional structures in sentences. The results of data analysis show that many students in the preparation stage of Muhammadiyah 3 in Jakarta, especially grade 8, do not understand the structure of idhofah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mohamad Sarip, M.A. ; 2). Hendrawanto, M.A.Pd. ;
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 02 Oct 2024 00:24
Last Modified: 02 Oct 2024 00:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51057

Actions (login required)

View Item View Item