PENGEMBANGAN MEDIA PARONTUNG (PAPAN LORONG BERHTUNG) SEBAGAI SARANA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

ANIS LAILANI SHABRINA, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PARONTUNG (PAPAN LORONG BERHTUNG) SEBAGAI SARANA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (50kB)
[img] Text
02 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Sidang Skripsi.pdf

Download (90kB)
[img] Text
03 Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (88kB)
[img] Text
04 Abstrack.pdf

Download (106kB)
[img] Text
05 Kata Pengantar.pdf

Download (104kB)
[img] Text
06 Daftar Isi, Daftar Gambar Daftar Tabel.pdf

Download (413kB)
[img] Text
07 BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
11 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Pengembangan Karya Inovatif ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk baru berupa Media PARONTUNG (Papan Lorong Berhitung) dengan harapan dapat membantu menstimulasi kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun khususnya penjumlahan. Model pengembangan yang dilakukan peneliti adalah model pengembangan ADDIE. Peneliti melakukan lima tahapan dalam proses pengembangan yakni Analysis (analisis,) Design (perancangan), Development (pengembangan), implementation (implikasi), dan evaluate (evaluasi). Teknik evaluasi formatif berupa pemberian kuesioner kepada ahli media dan ahli materi menggunakan assessment skala likert dengan kategori 1-4, sedangkan untuk anak peneliti melakukan asesmen menggunakan rating scale. Hasil penilaian ahli materi mendapatkan presentase sebesar 75% dengan kategori layak, sedangkan hasil penilaian ahli media mendapatkan presentase sebesar 87.5% dengan kategori sangat layak. Hasil evaluasi one to one uji coba pada 10 anak mendapatkan presentase sebesar 94.5% dengan kategori sangat layak. *********************************************************** This Development of Innovative works aims to produce a new product in the form of PARONTUNG (Papan Lorong Berhitung) which is expected to stimulate numeracy abilities especially early counting for children age 5-6 years. The development model used by researchers is the ADDIE development model which include the process of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluate. The formative evaluation techniques are in the form of questionnaires. The experts fill out the questionnaires using the Likert Scale with assessment categories of 1-4, whereas children are assessed by the researcher using a rating scale. The result of the assessment from experts in the content material , has obtained a percentage of 75% with a feasible rating category. As for the result of the assessment from experts in media, has obtained a percentage of 87.5% with a very feasible rating category. The result of one-to-one evaluation were conducted by 10 children has obtained a percentage of 94.5% with a very feasible rating category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Lara Fridani S.Psi.,M.Psych, Ph.D ; 2). Hikmah MM., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 08 Oct 2024 01:11
Last Modified: 08 Oct 2024 01:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51380

Actions (login required)

View Item View Item