YULIANA, . (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MANAJEMEN STRES DAN KOMPETENSI TERHADAP EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SMA NEGERI DI KANTOR CABANG DINAS PENDIDIKAN (KCD) WIL. III PROVINSI JAWA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER dan persetujuan publikasi yuliana.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1 disertasi yuliana fix_compressed.pdf Download (375kB) |
|
Text
BAB 2 disertasi yuliana fix_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3 disertasi yuliana fix_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4 disertasi yuliana fix_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5 disertasi yuliana fix_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA disertasi yuliana fix_compressed.pdf Download (160kB) |
|
Text
lampiran dan daftar hadir yuliana_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini terkait dengan bagaimana pengaruh kecerdasan emosional, manajemen stres dan kompetensi terhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah SMA Negeri di Kantor Cabang Dinas Pendidikan (KCD) Wilayah III Provinsi Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, manajemen stres dan kompetensi terhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung kecerdasan emosional terhadap efektivitas kepemimpinan melalui manajemen stres, mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung manajemen stres terhadap efektivitas kepemimpinan melalui kompetensi, mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung kecerdasan emosional terhadap efektivitas kepemimpinan melalui manajemen stres dan mengkontruksi model peningkatan efektivitas kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik sampling jenuh (sensus) yaitu 66 kepala SMA Negeri di KCD wil III. Pegumpulan data menggunakan kuesioner dan Forum Grup Diskusi untuk konfirmasi hasil penelitian kepada sampel. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya uji normalitas galat, uji t, uji F, analisis regsresi berganda dan analisis jalur (Path Analysis). Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap efektivitas kepemimpinan, variabel manajemen stres memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap efektivitas kepemimpinan, variabel kompetensi memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap efektivitas kepemimpinan, variabel kecerdasan emosional pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap manajemen stres, variabel kecerdasan emosional memiliki pengaruh tidak langsung dan signifikan terhadap efektivitas kepemimpinan melalui manajemen stress, variabel kecerdasan emosional memiliki pengaruh tidak langsung terhadap efektivitas kepemimpinan melalui kompetensi, variabel manajemen stres memiliki pengaruh tidak langsung terhadap efektivitas kepemimpinan melalui kompetensi dan telah terkontruksinya model teorik efektivitas kepemimpinan dipengaruhi kecerdasan emosional, manajemen stres dan kompetensi. ********** This research is related to the influence of emotional intelligence, stress management, and competence on the leadership effectiveness of high school principals in the Regional Education Office Branch (KCD) Region III, West Java Province. The purpose of this study is to determine the influence of emotional intelligence, stress management, and competence on the leadership effectiveness of principals, to understand the direct and indirect effects of emotional intelligence on leadership effectiveness through stress management, to determine the direct and indirect effects of stress management on leadership effectiveness through competence, to understand the direct and indirect effects of emotional intelligence on leadership effectiveness through stress management, and to construct a model for improving the leadership effectiveness of principals. This study uses quantitative methods with a saturated sampling technique (census), involving 66 high school principals in KCD Region III. Data collection was carried out using questionnaires and Focus Group Discussions to confirm the research results with the samples. The data analysis techniques used in this study include error normality tests, t-tests, F-tests, multiple regression analysis, and path analysis. Data analysis was conducted using SPSS. The results of the study show that the emotional intelligence variable has a direct positive and significant effect on leadership effectiveness, the stress management variable has a direct positive and significant effect on leadership effectiveness, the competence variable has a direct positive and significant effect on leadership effectiveness, the emotional intelligence variable has a direct positive and significant effect on stress management, the emotional intelligence variable has an indirect and significant effect on leadership effectiveness through stress management, the emotional intelligence variable has an indirect effect on leadership effectiveness through competence, the stress management variable has an indirect effect on leadership effectiveness through competence, and a theoretical model of leadership effectiveness influenced by emotional intelligence, stress management, and competence has been constructed.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. Suryadi ; 2). Dr. Fakhruddin Arbah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 23988 not found. |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 00:39 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 00:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51454 |
Actions (login required)
View Item |