LIFDAL BASRIAN, . (2021) PEMANFAATAN APLIKASI SUPERVISIKLINIS.COM DI KECAMATAN PULOGADUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (712kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (888kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (479kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur dengan tujuan untuk megetahui pemanfaatan aplikasi supervisiklinis.com di kecamatan pulogadung dengan berdasarkan pada sub focus atau rumusan masalah yang ada, yaitu; pihak-pihak yang memanfaatkan, tahapan dalam pemanfaatannya, dan hambatan yang dirasakan dalam pemanfaatannya. Penelitian ini dilakukan pada dimulai pada bulan September 2021 hingga Desember 2021. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode dekriptif. Proses pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan atau narasumber dalam penelitian ini meliputi: Koordinator pengawas wilayah binaan I dan III, pengawas wilayah binaan II, kepala sekolah, dan para guru terpilih yang sudah memanfaatkan aplikasi supervisiklinis.com di Kecamatan Pulogadung. Dalam pelaksanaan penelitian tentang pemanfaatan aplikasi supervisiklinis.com ditemukan bahwa: (1) Pihak-pihak yang memanfaatkan aplikasi tersebut yaitu guru yang berperan sebagai orang yang dinilai dalam pelaksanaan supervisi klinis, kemudian supervisor yang berperan dalam memberikan penilaian terhadap kinerja mengajar guru dan membimbing guru dalam pelaksanaan supervisi klinis dan juga proses pembelajaran; (2) Tahapan-tahapan dalam pelaksanaan supervisi klinis dengan menggunakan aplikasi supervisiklinis.com terdiri lima tahapan, yaitu: tahap persiapan, tahap observasi, tahap analisis mandiri, tahap analisis kolaboratif, dan tahap pertemuan balikan yang mana semua tahapan tersebut salinga bersinergi satu dengan yang lain; (3) guru dan supervisor merasakan beberapa hambatan dalam memanfaatkan aplikasi tersebut, seperti: perangkat mobile dan jaringan yang digunakan kadang tidak stabil sehingga perlu dilakukan perencanaan ulang, kemudian belum berjalannya penilaian yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru sehingga harapannya perlu adanya peningkatan terkait hal tersebut, dan perlunya peningkatan dalam hal komunikasi baik antara guru dengan supervisor, supervisor dengan pihak aplikasi, dan juga guru dengan pihak aplikasi. Dengan dikembangkannya aplikasi supervisiklinis.com ini diharapkan dapat mampu memberikan kemudahan bagi guru dalam melaksanakan supervisi klinis ******************************************* This research was in Pulogadung Sub-district, East Jakarta with the aim of knowing the utilization of the Supervisiklinis.com application in Pulogadung District based on the sub-focus or the formulation of the existing problem, namely; the parties who use it, the stages in its use, and the perceived obstacles in its use. This research was conducted from September 2021 to December 2021. In this study, the researcher used a qualitative approach with a descriptive method. The process of collecting data in this study was carried out by observation, interviews, and documentation. Informants or resource persons in this study include: Coordinators of supervised areas I and III, supervisors of guided areas II, school principals, and selected teachers who have used the application supervisiklinis.com in Pulogadung Sub-district. In carrying out research on the use of the application, it was supervisoryklinis.com found that: (1) The parties who used the application were the teacher who acted as the person who was assessed in the implementation of clinical supervision, then the supervisor who played a role in providing an assessment of the teacher's teaching performance and guiding the teacher in implementation of clinical supervision as well as the learning process; (2) The stages in the implementation of clinical supervision using the application supervisiklinis.com consist of five stages, namely: the preparation stage, the observation stage, the independent analysis stage, the collaborative analysis stage, and the feedback meeting stage where all these stages synergize with each other. and; (3) teachers and supervisors feel some obstacles in using the application, such as: the mobile devices and networks used are sometimes unstable so that it needs to be re-planned, then the assessment by the principal of the teacher has not been carried out so that it is hoped that there will be an improvement in this regard. , and the need for improvement in terms of good communication between teachers and supervisors, supervisors with the people of the application, and also teachers and the people of the application. With the development of the supervisoryklinis.com application, it is expected to be able to provide convenience for teachers in carrying out clinical supervision
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Desi Rahmawati, M. Pd ; 2). Prof. Rugaiyah, M. Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 00:38 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 00:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51459 |
Actions (login required)
View Item |