PEBRI EKA KRISMAYANA, . (2022) MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALIA PADA ANAK DENGAN AUTISME KELAS IV di SLB MINI BAKTI (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Mini Bakti Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 COVER.pdf Download (665kB) |
|
Text
02 ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (627kB) |
|
Text
03 LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (864kB) |
|
Text
04 LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (780kB) |
|
Text
05 LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (971kB) |
|
Text
06 LEMBAR MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf Download (625kB) |
|
Text
07 KATA PENGANTAR.pdf Download (707kB) |
|
Text
08 DAFTAR ISI.pdf Download (755kB) |
|
Text
09 DAFTAR TABEL.pdf Download (731kB) |
|
Text
10 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (621kB) |
|
Text
11 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (621kB) |
|
Text
12 a BAB I.pdf Download (958kB) |
|
Text
12 b BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
12 c BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
Text
12 d BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) |
|
Text
12 e BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (490kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
15 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada anak autisme kelas IV di SLB Mini Bakti dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dimana setiap siklusnya terdiri dari 5 kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari satu anak autisme kelas IV di SLB Mini Bakti. Sebelum melakukan siklus I dan II terlebih dahulu dilakukan pengamatan awal dalam penguasaan kosakata anak, hal ini dilakukan untuk memperoleh data awal yang nantinya akan dibandingkan dengan data akhir pada siklus II dengan kriteria ketuntasan minimal 40%. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan presentase penguasaan kosakata pada anak autisme kelas IV, yang dapat ditandai dengan mampu mencapai skor awal 46% dan pada siklus I anak mengalami peningkatan skor menjadi 66%, dan saat dilakukan siklus II skor anak meningkat menjadi 93% . Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media realia dalam meningkatkan penguasaan kosakata pada anak autisme dalam penelitian ini. ************************************************** This classroom action research aims to improve the mastery of fourth grade autistic children in SLB Mini Bakti with the design used, namely Kemmis and Mc Taggart, consisting of four stages, namely planning, action, observation, and reflection. This research was conducted in two cycles. Where each cycle consists of 5 meetings. The research subject consisted of one child with autism grade IV in SLB Mini Bakti. Before conducting cycles I and II, initial observations were made in vocabulary mastery, this was done to obtain initial data which would later be compared with the final data in cycle II with a minimum completeness criterion of 40%. The results showed an increase in the percentage of vocabulary mastery in fourth grade autistic children, which could be indicated by being able to achieve an initial score of 46% and in the first cycle the child's score increased to 66%, and carried out during the second cycle the child's score increased 93%. The results of this study prove that the use of realia media in improving vocabulary mastery in children with autism in this study
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Siti Nuraini P, M.Sp.Ed ; 2). Drs. Bahrudin, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 08:02 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 08:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51582 |
Actions (login required)
View Item |