HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA

ADITYA AMINULLAH JAYA, . (2020) HUBUNGAN ANTARA BERPIKIR POSITIF DENGAN KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (568kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan antara berpikir positif dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. Subyek penelitian ini sebanyak 124 responden yang dipilih menggunakan teknik insidental sampling. Insidental sampling dilakukan karena keterbatasan waktu pada penelitian yang dilakukan. Metode penelitian merupakan metode kuantitatif dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kecemasan berbicara di depan umum adalah instrumen PRPSA (Personal Report of Public Speaking Anxiety) dengan reliabilitas sebesar 0,941. Sedangkan untuk berpikir positif menggunakan skala berpikir positif yang dibuat berdasarkan teori Albrecht dengan reliabilitas sebesar 0,782. Dalam proses pengolahan data menggunakan analisis uji korelasi didapatkan hubungan negatif yang signifikan antara berpikir positif dan kecemasan berbicara di depan umum dengan nilai koefisien korelasi rᵪᵧ= -0,260; p=0,004 (p<0,05). Sehingga hipotesis yang diajukan penelitian ini dapat diterima. Terdapat hubungan antara berpikir positif dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. Semakin tinggi berpikir positif akan semakin rendah kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. Begitupun sebaliknya, semakin rendah berpikir positif semakin tinggi kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. The objective of this research is to examine whether there is a correlation positive thinking toward public speaking anxiety on university student. There are 124 subjects in this research choosen with accidental sampling. Data analysis using a quantitative method with questionnaire as research instrument. The measurement of public speaking anxiety uses an unidimensional instrument of Personal Report of Public Speaking Anxiety (PRPSA) with 0,941 realiabilty score. As for the measurement of positive thinking uses an adoption instrument from Hardini that measuring positive thinking based on Albrecht theory with 0,782 realiabilty score. Both of the instrument are using Likert Scale. This study is using a correlation analysis to test the hypothesis. The result of the analysis indicates that there is a relationship between positive thinking and public speaking anxiety with correlation coefficient rᵪᵧ= -0,260 and significant p=0,004 (p<0,05). Which means the higher of the positive thinking, the lower it gets on the public speaking anxiety on a university student.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Deasyanti, P.hD 2). Ratna Dyah Suryaratri, P.hD
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 1946 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2020 18:03
Last Modified: 09 Apr 2020 18:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5189

Actions (login required)

View Item View Item