VINA IASHA, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA: FIELD TRIP TERINTEGRASI VIRTUAL REALITY MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (559kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (468kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA: FIELD TRIP TERINTEGRASI VIRTUAL REALITY MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DKI JAKARTA VINA IASHA vinaiasha_9919919001@mahasiswa.unj.ac.id Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Pendidikan Pancasila) berbasis field trip yang terintegrasi dengan teknologi Virtual Reality (VR) dalam upaya meningkatkan literasi budaya pada siswa Sekolah Dasar (SD). Literasi budaya merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan karakter siswa, di mana siswa diharapkan dapat memahami, menghargai, dan melestarikan budaya lokal serta nasional, khususnya Budaya Betawi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain model, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI di lima sekolah dasar DKI Jakarta yang dipilih secara acak di wilayah Jakarta. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, wawancara, dan tes literasi budaya sebelum dan sesudah implementasi model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model field trip terintegrasi virtual reality menunjukkan efektifitas yang positif dalam meningkatkan minat belajar siswa tentang budaya. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai tes literasi budaya yang signifikan pada semua sekolah yang menerapkan model yang dikembangkan dan model pembelajaran field trip terintegrasi virtual reality memiliki efek positif terhadap peningkatan literasi budaya siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata skor pada setiap sekolah. Selain itu, skor N-Gain yang didapatkan pada masing-masing sekolah mendapatkan nilai lebih dari 0,300 yang merupakan kategori sedang. Model pembelajaran ini juga mendapat respon positif dari para guru, yang menyatakan bahwa integrasi VR dengan field trip memberikan dimensi baru dalam pengajaran Pendidikan Pancasila yang tidak hanya informatif tetapi juga memotivasi siswa untuk belajar lebih lanjut tentang budaya mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis field trip terintegrasi VR merupakan inovasi yang efektif untuk meningkatkan literasi budaya siswa SD dan layak untuk diterapkan secara lebih luas. Kata Kunci: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Pendidikan Pancasila), Field Trip, Virtual Reality (VR), Literasi Budaya, Sekolah Dasar (SD). ABSTRACT Development of a Civics Learning Model: VIRTUAL REALITY INTEGRATED TRIP FIELD IMPROVING CULTURAL LITERACY IN STUDENTS ELEMENTARY SCHOOL VINA IASHA vinaiasha_9919919001@mahasiswa.unj.ac.id This research aims to develop a field trip-based Pancasila and Citizenship Education (Pendidikan Pancasila) learning model that is integrated with Virtual Reality (VR) technology in an effort to increase cultural literacy in elementary school (SD) students. Cultural literacy is an important component in forming student character, where students are expected to be able to understand, appreciate and preserve local and national culture, especially Betawi culture. The research method used is Research and Development (R&D) which includes the stages of needs analysis, design model, development, implementation and evaluation. The subjects of this research were grade VI students in five elementary schools in DKI Jakarta who were randomly selected in the Jakarta area. Data was collected through questionnaires, observations, interviews, and cultural literacy tests before and after implementing the learning model. The research results show that the field trip model integrated with virtual reality shows positive effectiveness in increasing students' interest in learning about culture. This can be seen from the significant increase in cultural literacy test scores in all schools that implement the developed model and the virtual reality integrated field trip learning model has a positive effect on increasing students' cultural literacy. This is proven by the increase in the average score at each school. Apart from that, the N-Gain score obtained at each school was more than 0.300, which is in the medium category. This learning model also received a positive response from teachers, who stated that the integration of VR with field trips provided a new dimension in Civics teaching that was not only informative but also motivated students to learn more about their culture. This research concludes that the development of a VR-integrated field trip-based Civics learning model is an effective innovation for increasing the cultural literacy of elementary school students and is worthy of wider application. Keywords: Pancasila and Citizenship Education (Pendidikan Pancasila), Field Trip, Virtual Reality (VR), Cultural Literacy, Elementary School (SD).
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. M. Japar, M.Si 2) Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Psikologi Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 25777 not found. |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 07:56 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 07:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51906 |
Actions (login required)
View Item |