TARAS AYU NAKIA, . (2024) IMPLEMENTASI FUNGSI PELAPORAN KEUANGAN PROGRAM PENYEDIAAN MAKANAN TAMBAHAN ANAK SEKOLAH (PMT-AS) JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DKI JAKARTA (STUDI: PENGELOLAAN SURAT PERTANGGUNGJAWABAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (188kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Fungsi Pelaporan Keuangan Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dalam hal Pengelolaan Surat Pertanggungjawaban. Sub fokus pada penelitian meliputi aspek proses verifikasi, pengarsipan, dan kendala dalam pengelolaan SPJ Program PMT-AS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi: Kepala bidang PAUD PMPK, staf bidang PAUD PMPK, dan operator sekolah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses verifikasi dilaksanakan setelah pelaksanaan PMT-AS dan diawali dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan; (2) Proses pengarsipan dimulai dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan; (3) Kendala yang dihadapi dalam pengelolaan SPJ yaitu sistem pengumpulan masih konvensional, keterlambatan dalam pengumpulan dokumen, ketidakcocokan SPJ dengan ketentuan yang telah ditetapkan, kurangnya sumber daya manusia, tidak adanya sistem pengawasan yang terintegrasi. ***** This study aims to describe the implementation of financial reporting functions for the School Supplementary Food Program (PMT-AS) at the Early Childhood Education (PAUD) level within the DKI Jakarta Provincial Education Office regarding the management of accountability reports. The sub-focus of the research includes aspects of the verification process, archiving, and challenges in managing the SPJ of the PMT-AS Program. This research employs a qualitative approach and descriptive methods. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation studies. The informants in this research comprise the Head of the PAUD PMPK Division, PAUD PMPK division staff, and school operators. The findings of this study indicate that: (1) The verification process is conducted after the implementation of PMT-AS and begins with planning, organizing, execution, and supervision; (2) The archiving process starts with planning, organizing, execution, and supervision; (3) The challenges faced in managing the SPJ include a conventional collection system, delays in document collection, discrepancies between SPJ and established regulations, a lack of human resources, and the absence of an integrated supervision system.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. Supadi, M.Pd. ; 2). Dimas Kurnia Robby, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Keuangan Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 25768 not found. |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 01:45 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 01:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52041 |
Actions (login required)
View Item |