PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING DAN GUIDED INQUIRY LEARNING)DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM SIRKULASI

GITA HEDIANI, . (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING DAN GUIDED INQUIRY LEARNING)DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM SIRKULASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER - 3415160113.pdf

Download (336kB)
[img] Text
SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (443kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (304kB)
[img] Text
LEMBAR KEASLIAN.pdf

Download (321kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (414kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (769kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (884kB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa mengerti konsep dari suatu materi. Faktor yang dapat mempengaruhi pemahaman konsep adalah model pembelajaran. Model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan Guided Inquriry Learning melibatkan siswa secara langsung pada proses pembelajaran. Selain itu, pemahaman konsep juga dipengaruhi oleh motivasi, dimana siswa dengan motivasi tinggi memiliki pemahaman konsep yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep siswa yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas XI IPA yang dipilih secara multistage sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes pemahaman konsep materi sistem sirkulasi dan instrumen motivasi belajar siswa. Uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji ANAVA dua arah diperoleh nilai Sig. 0,002 < 0,05 dan 0,000 < 0,05 untuk pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap pemahaman konsep siswa. Sementara diperoleh Sig. 0,491 > 0,05 untuk pengaruh interaksi motivasi dan model pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran maupun motivasi belajar terhadap pemahaman konsep siswa, namun tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi motivasi dan model pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa. **************** Conceptual understanding is the ability of students upon understanding the concept of a material. Factors that can affect conceptual understanding are learning models, such as Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) and Guided Inquiry Learning, which involve students directly in the learning process. In addition, conceptual understanding is also affected by motivation, where high motivated students have a better understanding of the concept. This study aimed to determine the interaction effect of learning models and learning motivation on students' understanding of concepts carried out in the odd semester of 2019/2020 school year. The method used was a quasi-experimental method. The samples to this study were 40 students of class XI Science selected by multistage sampling. Data collection techniques used the instrument of understanding the concept of circulation system materials and instruments of students' motivation. The prerequisite test showed that the data was normally distributed and homogeneous. Based on the two-way ANAVA test, there obtained Sig. 0.002 <0.05 and 0.000, 0.005 for the influence of the learning model and students' motivation of their conceptual understanding. Meanwhile, Sig. 0.491> 0.05 was obtained for the interaction effect of motivation and learning models. The conclusion of this study was that there existed a significant influence between the application of learning models and learning motivation towards students' conceptual understanding. However, there was no significant effect between the interaction of motivation and learning models on the same matter.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rusdi, M.Biomed ; 2). Dra. Nurmasari Sartono, M.Biomed
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 845 not found.
Date Deposited: 18 May 2020 11:14
Last Modified: 18 May 2020 11:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5228

Actions (login required)

View Item View Item