MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS MITIGASI BENCANA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK USIA DINI (Penelitian dan Pengembangan di PAUD Wilayah Pesisir Daerah Istimewa Yogyakarta)

WINDI WULANDARI IMAN UTAMA, . (2024) MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS MITIGASI BENCANA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA ANAK USIA DINI (Penelitian dan Pengembangan di PAUD Wilayah Pesisir Daerah Istimewa Yogyakarta). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER_merged_compressed.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah merupakan fondasi bagi pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan analitis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah melalui model pembelajaran proyek berbasis mitigasi bencana. Metode penelitian yang digunakan adalah RnD. Sampel pada penelitian ini melibatkan 137 orang anak yang terdiri dari 19 anak pada uji kelompok kecil, 95 Anak pada uji kelompok besar, dan 23 anak pada uji efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keterampilan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun belum optimal hal ini dipengaruhi oleh konsep budaya dan konsep religius sangat kental sehingga perlu diimbangi dengan konsep ilmiah. 2) Fasilitasi belum maksimal sehingga membatasi partisipasi aktif anak, karena fokus pembelajaran lebih diletakkan pada pencapaian hasil akhir daripada proses pembelajaran sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang interaktif dan reflektif. 3) Pengembangan model pembelajaran proyek berbasis mitigasi bencana mengunakan model Borg n Gall dikombinasi dengan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey dan model pengembangan media pembelajaran ADDIE yang direkonstruksi dalam model konseptual, model prosedural dan model fisikal. 4) Kelayakan model pembelajaran proyek berbasis mitigasi bencana dilakukan oleh ahli menunjukkan bahwa model pembelajaran proyek berbasis mitigasi bencana dan media pendukung berupa komik dan media ppt interaktif layak untuk diterapkan dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah anak usia dini. 5) Implementasi model pembelajaran proyek berbasis mitigasi bencana efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah mencakup komponen mengidentifikasi sebab-akibat sebuah kejadian, menguasai solusi saat menghadapi pemasalahan tertentu, dan mampu merefleksikan pengalaman terhadap suatu kejadian tertentu. Model pembelajaran proyek berbasis mitigasi bencana memiliki tahapan yang sistematis yang adaptif, memiliki fleksibilitas dan kontekstual sehingga efektif meningkatkan pemahaman, retensi dan peningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada anak usia dini. Kata Kunci: Keterampilan pemecahan masalah, Pembelajaran Proyek, Mitigasi bencana, Anak usia dini ***** Problem-solving skills are the foundation for developing critical thinking, creativity, and analytical abilities. This study aims to enhance problem-solving skills through a project-based learning model focused on disaster mitigation. The research method used is R&D. The sample in this study involved 137 children, consisting of 19 children in the small group test, 95 children in the large group test, and 23 children in the effectiveness test. The results of the study indicate that: 1) The problem-solving skills of children aged 5-6 years are not optimal, influenced by strong cultural and religious concepts, which need to be balanced with scientific concepts. 2) Facilitation is not optimal, limiting the active participation of children, as the focus is more on achieving the final result rather than the learning process. Therefore, an interactive and reflective learning model is needed. 3) The development of the disaster mitigation-based project learning model used the Borg and Gall model, combined with the Dick and Carey learning development model and the ADDIE learning media development model, which were reconstructed into conceptual, procedural, and physical models. 4) The feasibility of the disaster mitigation-based project learning model, as assessed by experts, shows that the model and supporting media (in the form of comics and interactive PowerPoint presentations) are suitable for improving problem-solving skills in early childhood. 5) The implementation of the disaster mitigation-based project learning model is effective in improving problem-solving skills, including components such as identifying cause-and-effect relationships, mastering solutions when facing specific problems, and reflecting on experiences related to certain incidents. The disaster mitigation-based project learning model follows systematic stages that are adaptive, flexible, and contextual, making it effective in enhancing understanding, retention, and problem-solving skills in early childhood. Keywords: Problem-solving skills, Project-based Learning, Disaster Mitigation, Early Childhood

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Wardani Rahayu, M.Si. ; 2). Dr. Hapidin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: WINDI WULANDARI IMAN UTAMA .
Date Deposited: 16 Dec 2024 02:43
Last Modified: 16 Dec 2024 02:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52282

Actions (login required)

View Item View Item