HUBUNGAN ANTARA PEER RELATIONSHIP DENGAN BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI DI DKI JAKARTA

RIRI HERAWATI PRASOJO, . (2024) HUBUNGAN ANTARA PEER RELATIONSHIP DENGAN BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI DI DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Riri Herawati Prasojo_Cover - Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi _Riri Herawati Prasojo_Bab 1.pdf

Download (390kB)
[img] Text
Skripsi _Riri Herawati Prasojo-Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi _Riri Herawati Prasojo_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi _Riri Herawati Prasojo_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi _Riri Herawati Prasojo_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi _Riri Herawati Prasojo_Daftar Pustaka.pdf

Download (371kB)
[img] Text
Skripsi _Riri Herawati Prasojo_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia perlu adanya peningkatan kualitas pendidikan. Dalam hal ini kualitas pendidikan di Indonesia diharapkan mampu membawa kemajuan bagi suatu bangsa dan negara. Untuk mengatasi hal tersebut diberlakukannya program Sustainable Development Goal (SDGs). Salah satu penerapan SDGs pendidikan berada pada tujuan yang ke-4 yaitu “memastikan pendidikan yang berkualitas setara, inklusif serta mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semuanya”. Namun saat ini dunia pendidikan terkendala, salah satunya adalah bullying yang terjadi di lingkungan sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara peer relationship dengan bullying pada siswa SMP Negeri di DKI Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri di DKI Jakarta, dengan populasi 1.620 dan sampel sebanyak 324 siswa SMP Negeri di DKI Jakarta. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji korelasi spearman rank dan uji signifikansi korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peer relationship memiliki hubungan yang signifikan dengan bullying (P value = 0,000<0,05). Koefisien korelasi sebesar -0,253 yang artinya bahwa kedua variabel memiliki hubungan yang negatif dengan tingkat keeratan lemah. Dalam hal ini peer relationship mampu mengurangi bullying di lingkungan sekolah. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya penanganan khusus oleh pihak sekolah berupa program pencegahan bullying dan sanksi kepada pelaku bullying. Kata Kunci: bullying, peer relationship, sekolah, siswa. ***** To improve the quality of Human Resources, it is necessary to improve the quality of education. In this case, the quality of education in Indonesia is expected to be able to bring progress to a nation and state. To overcome this, the Sustainable Development Goals (SDGs) program was enacted. One of the implementations of the education SDGs is in the 4th goal, which is "ensuring equal, inclusive quality education and supporting lifelong learning opportunities for all". However, currently the world of education is constrained, one of which is bullying that occurs in the school environment. The purpose of this study is to find out the relationship between peer relationship and bullying in State Junior High School students in DKI Jakarta. This research method uses an associative quantitative approach. This research was carried out in State Junior High Schools in DKI Jakarta, with a population of 1,620 and a sample of 324 State Junior High School students in DKI Jakarta. The statistical analysis used to test the hypothesis was the spearman rank correlation test and the correlation significance test. The results of this study showed that peer relationships had a significant relationship with bullying (P value = 0.000<0.05). The correlation coefficient is -0.253 which means that the two variables have a negative relationship with a weak level of closeness. In this case, peer relationships are able to reduce bullying in the school environment. The implication of this study is the need for special handling by the school in the form of bullying prevention programs and sanctions for bullying perpetrators. Keywords: bullying, peer relationship, schools, students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Uswatun Hasanah, M.Si. 2). Maya Oktaviani, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 25807 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2025 06:55
Last Modified: 14 Jan 2025 06:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52339

Actions (login required)

View Item View Item