ALDA GHEFIRA GHAETSA, . (2024) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP NIAT PENGGUNAAN BATIK BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover_Alda ghefira ghaetsa_1504620079-1-15 (1).pdf Download (706kB) |
|
Text
Bab 1_alda ghefira ghaetsa_1504620079-16-20.pdf Download (309kB) |
|
Text
Bab 2_alda ghefira ghaetsa_1504620079-21-35.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) | Request a copy |
|
Text
Bab 3_alda ghefira ghaetsa_1504620079-36-46 (2).pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
|
Text
Bab 4_alda ghefira ghaetsa_1504620079-47-85.pdf Restricted to Registered users only Download (834kB) | Request a copy |
|
Text
Bab 5_alda ghefira ghaetsa_1504620079-86-87 (2).pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka_alda ghefira ghaetsa_1504620079-88-91.pdf Download (322kB) |
|
Text
Lampiran_alda ghefira ghaetsa_1504620079-92-108.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan Batik Bekasi masih belum banyak dipakai kalangan masyarakat Bekasi. Faktor yang mempengaruhi niat penggunaan batik adalah motivasi. Hal ini menegaskan bahwa motivasi memiliki peranan yang penting bagi konsumen dalam memutuskan niat penggunaan batik. Penelitian ini dimaksud untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap niat penggunaan Batik Bekasi. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif asosiatif. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Bekasi Utara. Waktu penelitian dari Juli hingga September 2024. Dengan populasinya masyarakat yang berada di Kecamatan Bekasi Utara. Pengambilan sampel, menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang telah diterapkan. Jumlah sampel sebesar 100 responden. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil uji signifikansi regresi menunjukkan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, terdapat pengaruh signifikan antara motivasi terhadap niat penggunaan batik. Bila semakin tinggi niat penggunaan Batik Bekasi, maka akan semakin tinggi pula masyarakat termotivasi untuk menggunakannya. Oleh karena itu perlu penguatan sosialisasi kepada masyarakat Bekasi terkait penggunaan batik khas Bekasi *** The use of Bekasi Batik is still not widely used among the people of Bekasi. One factor that can influence the intention to use batik is motivation. This shows that motivation is very important for consumers to determine their intention to use batik. The purpose of this research is to determine the influence of motivation on the intention to use Bekasi Batik. The method used is associative quantitative. The place and time of the research was carried out in North Bekasi District, July – September 2024. This research was conducted in North Bekasi District. The population in this study are people in North Bekasi District. For sampling, this research used a purposive sampling technique with research criteria that had been applied. The number of samples used was 100 respondents. Data analysis in this research includes prerequisite testing and hypothesis testing. The results of the regression significance test show a sig value of 0.000 <0.05. This means that there is a significant influence between motivation and intention to use batik. The higher the intention to use Bekasi Batik, the more motivated people will be to use it. Therefore, it is necessary to strengthen outreach to the Bekasi community regarding the use of typical Bekasi batik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Hurriyyatun Kabbaro, M.Si ; 2). Reno Irwanto, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Alda Ghefira Ghaetsa . |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:04 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52344 |
Actions (login required)
View Item |