PENGARUH BLENDED PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH

MIA TANTI ANNISA, . (2020) PENGARUH BLENDED PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER - 3415160654.pdf

Download (236kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (503kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (674kB)

Abstract

Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah salah satu kemampuan yang dibutuhkan di abad ke-21 dalam mempelajari ilmu pengetahuan. HOTS diperlukan untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran. Salah satu materi pelajaran yang menuntut peserta didik untuk mampu berpikir tingkat tinggi adalah sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Blended-PBL terhadap HOTS peserta didik pada materi sistem peredaran darah yang dilaksanakan di SMA Negeri 14 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 64 peserta didik kelas XI IPA yang diperoleh secara sistem random sampling. Instrumen HOTS digunakan dalam pretest dan posttest dengan tes objektif berupa pilihan ganda. Uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen, serta uji koefisien korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelas kontrol dan eksperimen. Pengujian hipotesis menggunakan Uji ANAKOVA menunjukkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka tolak H0 pada α = 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi antara kelas eksperimen (Blended-PBL) dengan kelas kontrol (PBL). Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), Blended-PBL, Sistem Peredaran Darah Higher Order Thinking Skills (HOTS) is one of the skills needed in the 21st century to study science. HOTS are needed to solve problems in the learning process. One of the matters that requires students to be able think at high level is Human Circulatory System. This study aimed to determine the influence of Blended-PBL toward student HOTS on the matters of Circulatory System that conducted at 14 Senior High School Jakarta on the first semester of academic year 2019/2020. This type of research was quantitative with quasi experimental methods and Pretest-Posttest Control Group Design. The sample in this study were 64 students of class XI IPA obtained by simple random sampling. The HOTS Instrument was used in pretest and posttest with objective test formed multiple choice. Based on prerequisite test result acquired data that distribution were normal and homogeny, also the correlation coefficient test showed a significant relationship between pretest and posttest in the control and experiment class. Hipotesis test used ANAKOVA test showed the result that significance value 0,000 < 0,05 so H0 was rejected on α = 0,05. This mean that there were differences on student HOTS between experimental class (Blended-PBL) and control class (PBL). Keywords: Higher Order Thinking Skills (HOTS), Blended-PBL, Circulatory System

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Rusdi, M. Biomed 2) Sri Rahayu, S. Kep, M. Biomed
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 881 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2020 00:19
Last Modified: 09 Apr 2020 00:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5235

Actions (login required)

View Item View Item