LINI NUR HIDAYATI, . (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BRAND AMBASSADOR PADA PRODUK KECANTIKAN KOREA SELATAN MENGGUNAKAN MODEL PATER. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (620kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Industri kecantikan mengalami pertumbuhan yang pesat dan terus menghasilkan peningkatan pendapatan global di segmen perawatan kulit. Industri kecantikan merupakan salah satu industri dengan persaingan yang sangat ketat di dunia sehingga meningkatkan terjadinya persaingan bisnis. Dalam persaingan yang kompetitif, Korea Selatan menunjukkan keunggulan dan peluang dalam industri kecantikan global. Salah satu perusahaan Korea Selatan yang menjadikan Indonesia sebagai sasaran produk mereka adalah Innisfree. Innisfree merupakan merek kecantikan di bawah naungan AmorePacific Group. Untuk menghadapi persaingan bisnis, Innisfree menggunakan brand ambassador sebagai strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan brand ambassador pada produk kecantikan Korea Selatan dengan menggunakan model PATER. Model PATER digunakan untuk mengukur efektivitas selebriti sebagai brand ambassador. PATER merupakan akronim dari Popularity, Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, dan Relevance. Penelitian kuantitatif dengan metode non-probability sampling menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan skor rata-rata. Kuesioner didistribusikan melalui Google Forms. Dalam menentukan besar sampel, penelitian ini menggunakan Rumus Lemeshow. Sampel yang digunakan sebanyak 271 responden. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sebagai uji instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan Kim Mingyu sebagai brand ambassador Innisfree termasuk dalam kategori sangat efektif, baik ditinjau dari masing-masing dimensi yaitu Popularity, Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, dan Relevance maupun secara keseluruhan (PATER). Dalam upaya mencapai efektivitas dalam menggunakan brand ambassador, terdapat proses seleksi yang tidak mudah. Oleh karena itu, hasil dan temuan yang diperoleh dalam penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai saran dan masukan khususnya untuk merek produk kecantikan Korea Selatan dalam menggunakan brand ambassador ***** The beauty industry is experiencing rapid growth and generating continuous increase in global revenue in the skincare segment. The beauty industry is one of the most highly competitive industries in the world which causes increased business competition. In this competitive competition, South Korea shows its superiority and opportunities in the global beauty industry. One of the South Korean companies is Innisfree, a beauty brand under AmorePacific Group. To face business competition, Innisfree uses brand ambassador as marketing strategies. This research aims to determine the level of effectiveness of using brand ambassador on South Korean beauty products using the PATER Model. PATER Model is used to measure the effectiveness of celebrities as brand ambassadors. PATER is a five-dimension acronym that stands for Popularity, Attractiveness, Trustworthiness, Expertise, and Relevance. Quantitative research with non-probability sampling, purposive sampling method. This research uses two data analysis techniques, descriptive and average scores. The research distributed questionnaires online through Google Forms. In determining the sample size, this research uses the Lemeshow Formula. Samples used were 271 respondents. This research uses validity tests and reliability tests as research instrument tests. The results of the research show that the effectiveness of using Kim Mingyu as Innisfree's brand ambassador is included in the very effective category, both in terms of dimensions, namely popularity, attractiveness, trust, expertise, and relevance and as a whole (PATER). To achieve effectiveness in using a brand ambassador, there is a selection process that is not easy. Therefore, the results and findings obtained in this study can be used as suggestions and input, especially for South Korean beauty product brands in using brand ambassadors.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1) Andi Muhammad Sadat, SE., M.Si., Ph.D 2) Shandy Aditya, BIB, MPBS |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | FE > D IV Pemasaran Digital |
Depositing User: | Users 26007 not found. |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 03:06 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 03:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52463 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |