PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS

HENI ROCHIMAH, . (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran, yaitu project-based learning (PjBL), problem-based learning (PBL), discovery learning (DL) dan kecerdasan intrapersonal (KI) terhadap hasil belajar bahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain treatment by level 3x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 540 siswa yang tersebar dalam 15 kelas. Sampel dalam penelitian sebanyak 3 kelas. Instrumen hasil belajar bahasa Inggris menggunakan instrumen tes berbentuk soal pilihan ganda, sedangkan instrumen kecerdasan intrapersonal menggunakan instrumen non tes berbentuk kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis varians (ANAVA) dua jalur dengan uji F pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hipotesis pertama yaitu H1: rata-rata hasil belajar yang menggunakan A1 (µA1) lebih tinggi dibandingkan dengan A2 (µA2) dan A3 (µA3) adalah teruji; 2) Hipotesis kedua yaitu H1: Interaksi A x B ≠ 0 adalah teruji; 3) Hipotesis ketiga yaitu H1: µA1 > µA2 adalah teruji; 4) Hipotesis keempat yaitu H1: µA1 > µA3 adalah teruji; 5) Hipotesis kelima yaitu H1: µA2 > µA3 adalah teruji; 6) Hipotesis keenam yaitu H1: µA1B1 > µA2B1 adalah teruji; 7) Hipotesis ketujuh yaitu H1: µA1B1 > µA3B1 adalah teruji; 8) Hipotesis kedelapan yaitu H1: µA2B1 > µA3B1 adalah teruji; 9) Hipotesis kesembilan yaitu H1: µA1B2 < µA2B2 adalah teruji; 10) Hipotesis kesepuluh H1: µA1B2 < µA3B2 adalah teruji; 11) Hipotesis kesebelas H1: µA2B2 < µA3B2 adalah teruji. Dengan demikian, disimpulkan bahwa semua hipotesis teruji. Rekomendasi hasil penelitian, dalam upaya meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris, guru harus mampu menentukan model pembelajaran yang tepat, dan mampu memahami karakteristik siswa sesuai dengan tingkat kecerdasannya. ***** This research aims to analyse the influence of learning models, namely project-based learning (PjBL), problem-based learning (PBL), discovery learning (DL) and intrapersonal intelligence (KI) on English learning outcomes. The method used is experimental with a 3x2 treatment by level design. The population in this study were all class X students, totalling 540 students spread across 15 classes. The sample in the research was 3 classes. The English language learning outcomes instrument uses a test instrument in multiple-choice questions, while the intrapersonal intelligence instrument uses a non-test instrument as a questionnaire. Data analysis used a two-way analysis of variance (ANOVA) technique with the F test at a significance level of 0.05. The research results show that 1) The first hypothesis, namely H1: the average learning outcomes using A1 (µA1) are higher than those with A2 (µA2) and A3 (µA3) is tested; 2) The second hypothesis, namely H1: The interaction A x B ≠ 0 is tested; 3) The third hypothesis, namely H1: µA1 > µA2 is tested; 4) The fourth hypothesis, namely H1: µA1 > µA3 is tested; 5) The fifth hypothesis, namely H1: µA2 > µA3 is tested; 6) The sixth hypothesis, namely H1: µA1B1 > µA2B1 is tested; 7) The seventh hypothesis, namely H1: µA1B1 > µA3B1 is tested; 8) The eighth hypothesis, namely H1: µA2B1 > µA3B1 is tested; 9) The ninth hypothesis, namely H1: µA1B2 < µA2B2 is tested; 10) The tenth hypothesis H1: µA1B2 < µA3B2 is tested; 11) The eleventh hypothesis H1: µA2B2 < µA3B2 is tested. Thus, it is concluded that all hypotheses are tested. Recommendations from the research results: To improve English learning outcomes, teachers must be able to determine the appropriate learning model and understand students' characteristics according to their intelligence level.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr. M. Japar, M.Si. ; 2). Prof.Dr. Etin Solihatin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 26095 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2025 02:39
Last Modified: 13 Feb 2025 02:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52601

Actions (login required)

View Item View Item