JUNI PRIYANTO, . (2025) PENGARUH KEKERASAN PADA VARIASI CAMPURAN KOMPOSISI KOMPOSIT SERAT ECENG GONDOK, SERBUK KAYU JATI, DAN SERABUT KELAPA TERHADAP JARAK DAN WAKTU PENGEREMAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (904kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kampas rem merupakan salah satu komponen dalam sistem pengereman yang memiliki peran dalam mengurangi laju kecepatan dalam kendaraan. Pada umumnya kampas rem yang beredar di pasaran berbahan dasar asbestos yang memiliki kekurangan dari segi performa dan lingkungan, sehingga diperlukan bahan alternatif pembuatan kampas rem asbestos. Serat eceng gondok, serbuk kayu jati, dan serabut kelapa menjadi bahan alternatif sebagai bahan kampas rem menggantikan asbestos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kekerasan komposit serat eceng gondok, serbuk kayu jati dan serabut kelapa terhadap jarak dan waktu pengereman pada kampas rem sepeda motor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengaruh kekerasan terhadap jarak dan waktu pengereman merupakan parameter yang di uji menggunakan alat uji pengereman yang sesuai dengan SNI 4404:2008. Kampas rem yang digunakan pada spesimen A (40% serabut kelapa, 0% serat eceng gondok, 10% serbuk kayu jati, 50% resin), Spesimen B (40% serat eceng gondok, 0% serabut kelapa, 10% serbuk kayu jati, 50% resin), dan Spesimen C (20 % serat eceng gondok, 20% serabut kelapa, 10% serbuk kayu jati, 50% resin). Hasil menunjukan bahwa spesimen A dengan nilai kekerasan terendah 51,3 HD memiliki hasil jarak dan waktu terbaik. Pada kecepatan 20 km/jam dengan 2,70 s, perlambatan pengereman -2,05 m/s², dan jarak pengereman 7,53 meter; kecepatan 40 km/jam dengan 4,13 s, perlambatan pengereman -2,69 m/s², dan jarak pengereman 22,94 meter; dan kecepatan 60 km/jam dengan 5,14 s, perlambatan pengereman -3,24 m/s², dan jarak pengereman 42,88 meter. ************ Brake pads are one of the components in the braking system that play a role in reducing the speed of a vehicle. Generally, brake pads available on the market are made of asbestos, which has shortcomings in terms of performance and environmental impact. Thus, alternative materials for making asbestos-free brake pads are needed. Water hyacinth fibers, teak wood powder, and coconut fibers are considered alternative materials to replace asbestos in brake pads. This study aims to determine the effect of the hardness of composite materials consisting of water hyacinth fibers, teak wood powder, and coconut fibers on braking distance and time in motorcycle brake pads. This research employs an experimental method. The effect of hardness on braking distance and time is tested using a braking test tool compliant with SNI 4404:2008 standards. The brake pads used are as follows: Specimen A (40% coconut fibers, 0% water hyacinth fibers, 10% teak wood powder, and 50% resin), Specimen B (40% water hyacinth fibers, 0% coconut fibers, 10% teak wood powder, and 50% resin), and Specimen C (20% water hyacinth fibers, 20% coconut fibers, 10% teak wood powder, and 50% resin). The results show that Specimen A, with a hardness value of 51.3 HD, yields the best braking distance and time results. At a speed of 20 km/h, it records 2.70 seconds, a braking deceleration of -2.05 m/s², and a braking distance of 7.53 meters; at 40 km/h, 4.13 seconds, -2.69 m/s², and 22.94 meters; and at 60 km/h, 5.14 seconds, -3.24 m/s², and 42.88 meters.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rani Anggrainy, M.T. ; 2). Drs. Tri Bambang AK., M.Pd. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika Teknologi dan Ilmu Terapan > Manufaktur |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 26133 not found. |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 02:36 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 02:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |