ANDRI PURWANTO, . (2025) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEGUNAAN, KENIKMATAN DAN KOMPATIBILITAS TERHADAP KEBERLANJUTAN NIAT MENGGUNAKAN E-LEARNING DENGAN KEPUASAN PENGGUNA SEBAGAI MEDIASI PADA ORGANISASI KEUANGAN PEMERINTAH. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (922kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi dalam metode pembelajaran, termasuk penerapan e-learning di berbagai sektor, termasuk sektor publik. Meskipun e-learning menawarkan banyak keuntungan, tantangan dalam adopsi dan penggunaan yang berkelanjutan masih menjadi hal yang menarik, terutama di kalangan pegawai pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, kenikmatan, dan kompatibilitas terhadap niat untuk terus menggunakan e-learning, dengan mediasi dari kepuasan pengguna. Penelitian ini dilakukan di Organisasi Keuangan Pemerintah (OKP) Indonesia dengan melibatkan 385 responden, yang berfokus pada pegawai yang telah berpartisipasi dalam program e-learning. Dalama analisis data digunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antara variabel dengan bantuan LISREL 8.8. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa variabel persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, dan kompatibilitas memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan pengguna e-learning. Temuan ini juga mengungkapkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, dan kenikmatan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap niat pegawai untuk melanjutkan penggunaan e-learning, hanya faktor kompatibilitas yang signifikan. Selain itu, kepuasan pengguna terbukti berperan sebagai variabel mediasi yang memperkuat hubungan antara persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, dan kompatibilitas terhadap niat untuk terus menggunakan e-learning. Penelitian ini juga menemukan bahwa faktor kenikmatan berkontribusi tidak signifikan dalam meningkatkan kepuasan pengguna pegawai dan niat pegawai untuk melanjutkan menggunakan platform e-learning. Temuan ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan strategi implementasi e-learning yang lebih efektif di dalam organisasi pemerintah. ***** The advancement of information technology has led to a significant change in learning approaches, including the adoption of e-learning across various sectors, particularly in the public sector. While e-learning presents numerous benefits, challenges related to its adoption and sustained use remain a significant issue, especially among government employees. This research aims to examine the impact of perceived ease of use, perceived usefulness, enjoyment, and compatibility on the intention to continue using e-learning, with user satisfaction serving as a mediating variable. The study was conducted within the Indonesian Government Finance Organization, involving 385 respondents, specifically targeting employees who have engaged in the e-learning program. Data analysis was performed using Structural Equation Modeling (SEM) to evaluate the relationships between variables through LISREL 8.8. The results indicate that perceived ease of use, perceived usefulness, and compatibility significantly and positively affect user satisfaction with e-learning. Additionally, the findings revealed that perceived ease of use, perceived usefulness, and enjoyment do not significantly influence employees' intention to continue using e-learning, with only the compatibility factor showing a significant effect. Furthermore, user satisfaction has been demonstrated to serve as a mediating variable that enhances the relationship between perceived ease of use, perceived usefulness, and compatibility regarding the intention to continue using e-learning. The study also indicated that the enjoyment factor does not significantly contribute to improving employees' user satisfaction or their intention to continue using the e-learning platform. These results offer valuable insights for developing more effective strategies for e-learning implementation within government organizations
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Agung Wahyu Handaru, ST, M.M. ; 2). Prof. Dr. Corry Yohana, M.M. |
Subjects: | Manajemen > Manajemen , Business Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | FE > S2 Manajemen |
Depositing User: | Andri Purwanto . |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 03:50 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 03:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52641 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |