RANCANG BANGUN TRAINER INSTALASI PENERANGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK NEGERI 56 JAKARTA

SEPTIANTO DWI PRATAMA, . (2025) RANCANG BANGUN TRAINER INSTALASI PENERANGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMK NEGERI 56 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FILE COVER__SKRIPSI_Septianto Dwi Pratama_1501620053.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File BAB 1_SKRIPSI_Septianto Dwi Pratama_1501620053.pdf

Download (289kB)
[img] Text
File BAB 2_SKRIPSI_Septianto Dwi Pratama_1501620053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 3_SKRIPSI_Septianto Dwi Pratama_1501620053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 4_SKRIPSI_Septianto Dwi Pratama_1501620053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 5_SKRIPSI_Septianto Dwi Pratama_1501620053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
File Daftar Pustaka_SKRIPSI_Septianto Dwi Pratama_1501620053.pdf

Download (259kB)
[img] Text
File Lampiran ASLI_SKRIPSI_Septianto Dwi Pratama_1501620053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat serta mengetahui kelaikan Trainer Instalasi Penerangan sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 56 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian menggunakan kuesioner atau angket sebagai lembar penilaian yang diberikan kepada ahli materi, ahli media pembelajaran, dan peserta didik. Tahap Analysis didapatkan belum tersedia Trainer Instalasi Penerangan pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Tahap Design untuk merencanakan media sesuai permasalahan yang ditemukan pada tahap analysis. Pada tahap Development, menghasilkan media pembelajaran berupa Trainer Instalasi Penerangan yang telah memenuhi kriteria “sangat layak” dengan hasil yang didapat: Penilaian ahli materi memperoleh skor sebesar 60 dari nilai maksimal 60 (Sangat Layak); 2. Penilaian ahli media pembelajaran menunjukkan skor sebesar 99 dari nilai maksimal 100 (Sangat Layak). Tahap Implementation dilakukan uji coba pengguna pada peserta didik kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 56 Jakarta untuk mendapatkan hasil nilai kelaikan produk memperoleh skor rata-rata sebesar 72,4 dari nilai maksimal 80 (Sangat Layak). Pada tahapan Evaluation menunjukkan bahwa peserta didik menyukai penggunaan pembelajaran menggunakan trainer instalasi penerangan. Dari hasil penilaian secara keseluruhan dapat diartikan bahwa Trainer Instalasi Penerangan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 56 Jakarta. ***** This study aims to create and determine the feasibility of the Lighting Installation Trainer as a learning medium in the Electrical Lighting Installation subject in the Electrical Power Installation Engineering department of SMK Negeri 56 Jakarta. This research uses the Research and Development (R&D) research method with the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The research instrument used a questionnaire or questionnaire as an assessment sheet given to material experts, learning media experts, and students. The Analysis stage found that there was no Lighting Installation Trainer available in the Electrical Lighting Installation subject. Design stage to plan the media according to the problems found at the analysis stage. At the Development stage, producing learning media in the form of Lighting Installation Trainers that have met the criteria of “very feasible” with the results obtained: The assessment of material experts obtained a score of 60 out of a maximum value of 60 (Very Feasible); 2. The assessment of learning media experts showed a score of 99 out of a maximum value of 100 (Very Feasible). At the Implementation stage, user trials were conducted on students of class XI Electrical Power Installation Engineering at SMK Negeri 56 Jakarta to get the results of the product feasibility value obtained an average score of 72.4 from a maximum score of 80 (Very Feasible). At the Evaluation stage, it shows that students like the use of learning using lighting installation trainers. From the overall assessment results, it can be interpreted that the Lighting Installation Trainer is very feasible to use as a learning medium in the Electrical Lighting Installation subject of class XI Electrical Power Installation Engineering at SMK Negeri 56 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muksin, S.Pd., M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Septianto Dwi Pratama .
Date Deposited: 13 Feb 2025 02:57
Last Modified: 13 Feb 2025 02:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52764

Actions (login required)

View Item View Item