Hubungan Persepsi Siswa Tentang Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik

Putra Ramadhan, . (2018) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
putra ramadhan 5315117187 skripsi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (225kB)
[img]
Preview
Image
Untitled-7 copy.jpg

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Untitled-10.jpg

Download (858kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran merupakan usaha sadar dan terencana yang bernilai edukatif, mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa, siswa dengan sumber belajar dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui seberapa erat hubungan persepsi siswa tentang metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik kelas x teknik kendaraan ringan (TKR) yang di lakukan peneliti pada SMK Negeri 1 Jakarta. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 30 responden pada kelas control dan kelas ekperimen. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitan ini adalah deskriptif korelatif Teknik pengumpulan data dengan cara membagikan kuesioner dan soal test. Dengan dua variabel, 1) variabel bebas, yaitu persepsi siswa tentang metode tutor sebaya and 2) variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pelajaran gambar teknik. Metode analisa data yang digunakan adalah uji regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan persamaan Y= 0,455 + 0,493X, hasil tersebut menunjukkan ada hubungan yang positif variabel x terhadap y, nilai b sebesar 0,493, artinya jika variabel tutor sebaya ditingkatkan satu kali, maka hasil nilai siswa akan meningkat sebesar 0,493 point. Dari hasil uji korelasi didapat nilai R sebesar 0,562, dan nilai R_Square sebesar 0,315 atau sama dengan 31,5%, yang atinya variabel tutor sebaya memberikan kontribusi terhadap hasil nilai siswa sebesar 31,5%. Dan sebesar 68,5% lagi dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian. Dengan kesimpulan bahwa kemampuan siswa dalam menjawab soal sudah maksimal, dan secara umum dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Agus Dudung, M.Pd 2) Dra. Ratu Amalia Avianti, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Oct 2019 14:40
Last Modified: 23 Oct 2019 14:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/528

Actions (login required)

View Item View Item