BAMBANG EKO SAMIONO, . (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI KEWIRAUSAHAAN MELALUI SIKAP DAN EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM SWASTA DI JAKARTA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (310kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (169kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Permasalahan mengenai pengembangan kewirausahaan dilingkungan perguruan tinggi Islam swasta di Indonesia menjadi hal yang menarik untuk diteliti mengingat Indonesia yang merupakan negara muslim terbesar di dunia ternyata belum mampu menumbuhkan muslimpreneur. Hal ini terlihat dari presentase jumlah wirausaha di Indonesia hanya sedikit wirausaha dari kalangan umat Islam selain itu dari sisi kualitas wirausaha yang dimiliki, kompetensi wirausaha di Indonesia terlihat masih tertinggal jauh baik secara regional ataupun global menurut index yang di keluarkan Global Entrepreneur Monitor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Intensi Kewirausahaan mahasiswa universitas Islam swasta di Jakarta. Penelitian ini difokuskan pada variabel pendidikan kewirausahaan. Variabel Sikap dan Self Efficacy, digunakan untuk memediasi pengaruh pendidikan kewirausahaan pada Intensi wirausaha. Objek penelitian adalah 400 mahasiswa dari universitas Islam swasta di Jakarta tahun ajaran 2018/2019 di bawah binaan LL DIKTI Wilayah III dengan akreditasi A dan B, mempunyai kurikulum kewirausahaan sebagai matakuliah fakultas dan universitas, selain itu juga mempunyai konsentrasi kewirausahaan di jurusan. Metode probability Sampling dipakai dalam penelitian ini dengan teknik simple random sampling. Analisis multivariat menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dimana Confirmatory factor analysis second order digunakan dalam penelitian ini. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Kewirausahaan tidak memiliki pengaruh secara langsung pada Intensi Kewirausahaan, tetapi memiliki pengaruh yang langsung cukup besar pada Self-Efficacy Kewirausahaan dan Sikap Kewirausahaan. Namun bila ditelaah, Self-Efficacy Kewirausahaan tidak berpengaruh langsung pada Intensi kewirausahaan. Intensi Kewirausahaan justru dipengaruhi secara langsung oleh Sikap Kewirausahaan. Selanjutnya, penelitian ini memperoleh temuan penting, yaitu adanya pengaruh Self-Efficacy Kewirausahaan terhadap Sikap Kewirausahaan secara langsung. Kesimpulan penelitian ini adalah Intensi Kewirausahaan mahasiswa universitas Islam Swasta di Jakarta, sangat dipengaruhi oleh Sikap kewirausahaan yang mereka miliki. Bukan oleh Pendidikan Kewirausahaan ataupun Efikasi diri Kewirausahaannya secara langsung. Adanya Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Kewirausahaan merupakan variable penting pembentukan pengaruh terhadap Sikap Kewirausahaan. Pada akhirnya perlu adanya kurikulum ataupun metodologi pengajaran khusus yang mampu meningkatkan Sikap Kewirausahaan hingga Intensi Kewirausahaan bisa di tingkatkan. Disini sikap kewirausahaan dianggap kunci mediator untuk memperbesar pengaruh pendidikan kewirausahaan ataupun efikasi diri kewirausahaan terhadap intensi kewirausahaan. Key words: Efikasi Diri, Intensi Kewirausahaan, Pendidikan Kewirausahaan, Sikap Kewirausahaan, ABSTRACT The issue of developing entrepreneurship in the private Islamic university environment in Indonesia is interesting to study considering that Indonesia as the largest Muslim country in the world, has not been able to grow Muslimpreneur. This can be seen from the percentage of the number of entrepreneurs in Indonesia, only a small number of entrepreneurs from among the Muslims, besides that in terms of the quality of entrepreneurship, entrepreneurial competence in Indonesia still looks far behind either regionally or globally according Global Entrepreneur Monitor ‘s index. This study aims to analyze the effect of Entrepreneurship Education on Entrepreneurship Intention of students of private Islamic universities in Jakarta. This study shall be focused on the variables of entrepreneurial education, namely Attitude and Self Efficacy, to mediate the effect of entrepreneurship education on entrepreneurial intention. The object of the study was 400 students from private Islamic universities in Jakarta year 2018/2019 under LL Dikti Wilayah III with accreditation A and B, entrepreneurial curriculum as faculty and university subjects, and entrepreneurial concentration in major. The probability sampling method is used in this study with a simple random sampling technique. Multivariate analysis using Structural Equation Modeling (SEM) method where Confirmatory factor analysis second order is used in this study.. The findings suggest that Entrepreneurship Education does not have a positive direct effect on Entrepreneurial Intention, yet has a considerable effect on Entrepreneurial Self-Efficacy and Entrepreneurial Attitude. However, Entrepreneurial Self-Efficacy has no direct effect on entrepreneurial intention. Entrepreneurship Intention is influenced by Entrepreneurship Attitude directly. Furthermore, this study obtained a noteworthy finding, namely the direct effect of Entrepreneurial Self-Efficacy on Entrepreneurship Attitude The conclusion of this research is the Entrepreneurship Intention of Private Islamic University students in Jakarta, strongly influenced by the entrepreneurial attitude they have. Not by Entrepreneurship Education or self-efficacy of Entrepreneurship directly. The existence of Entrepreneurship Education and Self-efficacy of Entrepreneurship is an important variable in the formation of influences on Entrepreneurial Attitudes. In the end, it is necessary to have a curriculum or special teaching methodology that is able to improve the Entrepreneurship Attitude so that the Entrepreneurship Intent can be increased. Here entrepreneurship is considered the mediator key to enlarge the influence of entrepreneurship education or entrepreneurial self-efficacy on entrepreneurial intentions. Key words: Self-Efficacy, Entrepreneurship Intention, Entrepreneurship Education, Entrepreneurship Attitude
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1. Prof. Dr Ma’ruf Akbar, M.Pd (promotor) 2. Prof. Hamidah, SE, M.Si (co-promotor) |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Depositing User: | Users 1660 not found. |
Date Deposited: | 09 Apr 2020 00:31 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 00:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5280 |
Actions (login required)
View Item |