CHINTYA WIDYANI RAHMAN, . (2025) HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI KERJA DENGAN PERSEPSI KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 34 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kesiapan kerja pada siswa merupakan faktor yang krusial untuk menghadapi pasar kerja yang semakin kompetitif. Hal tersebut menjadi salah satu tantangan dalam pendidikan kejuruan salah satunya adalah Sekolah Menengah Kejuruan. Fenomena yang terjadi tingkat penganguran lulusan Sekolah Menengah Kejuruan merupakan lulusan dengan tingkat tertinggi yaitu 8,62% di tahun 2024. Ada beberapa faktor pendukung dalam meningkatkan kesiapan kerja siswa yaitu status sosial ekonomi orang tua dan motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi kerja dengan persepsi kesiapan kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII program keahlian teknin instalasi tenaga listrik di SMK Negeri 34 Jakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi yang digunakan untuk mengetahui hubungan antar variable independen dengan dependen. Hasil penelitian menunjukan: (1) tidak terdapat hubungan antara variablel status sosial ekonomi orang tua dengan persepsi kesiapan kerja, dimana nilai signifikansi > 0,05 yaitu 0,056 dan nilai rhitung < rtabel (-0,259 < 0,266) (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan persepsi kesiapan kerja , dimana nilai signifikansi < 0,05 yaitu <0,001 dan nilai rhitung < rtabel (0,750 < 0,266) dengan arah positif (rhitung > 0) (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan persepsi kesiapan kerja dengan tingkat hubungan yang tinggi dengan nilai signifikansi yaitu < 0,001 yang berarti kurang dari 0,05 yaitu (<0,001 < 0,05) dan nilai rhitung < rtabel (0,753 > 0,266) dengan arah positif (rhitung > 0), menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi kerja dengan persepsi kesiapan kerja dengan kontribusi sebesar 56,7%. ***** Work readiness in students is a crucial factor in facing an increasingly competitive job market. This is one of the challenges in vocational education, one of which is Vocational High Schools. The phenomenon that occurs is the unemployment rate of Vocational High School graduates with the highest level, namely 8.62% in 2024. There are several supporting factors in increasing student work readiness, namely the socio-economic status of parents and work motivation. This study aims to determine the correlation between the socio-economic status of parents and work motivation with the perception of work readiness. This study uses a quantitative descriptive approach. The subjects in this study were class XII students of the electrical installation engineering expertise program at SMK Negeri 34 Jakarta. The data collection method used was a questionnaire. The data analysis technique used in this study was correlation which was used to determine the relationship between independent and dependent variables. The results of the study showed: (1) there was no relationship between the variables of the socio-economic status of parents and the perception of work readiness, where the significance value > 0.05, namely 0.056 and the calculated rvalue < rtable (-0.259 < 0.266) (2) there was a positive and significant relationship between work motivation and the perception of work readiness, where the significance value < 0.05, namely <0.001 and the calculated rvalue < rtable (0.750 < 0.266) with a positive direction (rvalue > 0) (3) there was a positive and significant relationship between the socio-economic status of parents and work motivation together with the perception of work readiness with a high level of relationship with a significance value of < 0.001 which means less than 0.05, namely (<0.001 < 0.05) and the calculated rvalue < rtable (0.753 > 0.266) with a positive direction (rvalue > 0), indicating that there was a positive relationship. and significant between the socio-economic status of parents and work motivation with the perception of work readiness with a contribution of 56.7%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Faried Wadjdi, M.Pd.,M.M.; 2). Prof. Dr. Suyitno, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Chintya Widyani Rahman . |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 01:51 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 01:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |