PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

PUTRI YULIANINGSIH, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi di Universitas Negeri Jakarta. Media sosial menjadi salah satu platform yang sering digunakan oleh mahasiswa untuk berinteraksi dan mengakses informasi yang dapat memengaruhi pola konsumsi mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNJ angkatan 2020-2021 yang berjumlah 164 mahasiswa. Adapun metode pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive random sampling. Kriteria responden yang telah ditetapkan yaitu mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNJ angkatan 2020-2021 yang aktif menggunakan media sosial dan pernah belanja online. Sampel penelitian berjumlah 117 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara intensitas penggunaan media sosial (X) terhadap tingkat perilaku konsumtif (Y). Hal ini terlihat dari model Y = 1,183 + 0,902X dan hasil analisis regresi linear sederhana yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen (X) memengaruhi variabel dependen (Y), sehingga Ha diterima. Hasil Uji-T juga menunjukkan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, dengan nilai T-hitung 8,088 > T-tabel 1,658 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu, hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 atau R Square 0,363, yang artinya variabel independen memiliki pengaruh sebesar 36,3% tanpa ada variabel lain yang diteliti dengan tingkat kategori sedang. This research aims to determine whether social media usage influences consumer behavior among Sociology Education students at Universitas Negeri Jakarta. Social media has become one of the most frequently used platforms by students for interaction and information access, which may impact their consumption patterns. This study uses a quantitative approach. The population of this research is Sociology Education students at UNJ from the 2020-2021 batch, totaling 164 students. The sampling method used is nonprobability sampling with a purposive random sampling technique. The criteria for respondents are Sociology Education students at UNJ from the 2020-2021 batch who are active social media users and have shopped online. The sample size for this study is 117 students. Data collection techniques were carried out using questionnaires, observations, interviews, and literature studies. The results of this study indicate that the intensity of social media use (X) affects consumer behavior (Y). This is reflected in the model Y = 1.183 + 0.902X and the results of simple linear regression analysis, which show a significance value of 0.000 < 0.05. This suggests that the independent variable (X) affects the dependent variable (Y), so Ha is accepted. The results of the t-test also indicate an effect of the independent variable on the dependent variable, with a t-value of 8.088 > t-table 1.658 and a significance value of 0.000 < 0.05. In addition, the results of the coefficient of determination test show an R2 value of 0.363, which means the independent variable has an influence of 36.3% without the involvement of other variables in the study, indicating a moderate level of influence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ciek Julyati Hisyam, M.M., M.Si ; 2). Devi Septiandini, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 26287 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2025 06:01
Last Modified: 14 Feb 2025 06:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52876

Actions (login required)

View Item View Item