Pengaruh Teknik Three-Step Interview Terhadap Kemampan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII MTS Miftahul Falah

DWIKI DARMAWAN, . (2020) Pengaruh Teknik Three-Step Interview Terhadap Kemampan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII MTS Miftahul Falah. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
COVER - 2115153617.pdf

Download (27kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (377kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (202kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (801kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh teknik three-step interview terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII MTs Miftahul Falah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian prates-pascates grup kontrol. Uji-t dan uji fisher digunakan sebagai teknik analisis data dalam penelitian ini. Hasil uji-t pada skor pascates antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menujukan bahwa skor thitung 2,340> ttabel 2,063 dengan dk 24. Taraf signifikan = 0,05. Karena thitung > ttabel berarti H1 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menerapkan teknik three-step interview berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII MTs Miftahul Falah. Dari hasil penilaian menunjukkan bahwa aspek struktur definisi umum, definisi manfaat, dan aspek kebahasaan kata kopula mengalami kenaikan yang paling dominan. Dari hasil di atas, teknik three-step interview dapat dijadikan teknik yang baik dalam pembelajaran menulis teks deskripsi, selain itu dapat juga diimplikasikan untuk materi pembelajaran teks deskripsi dengan KD 3.2 Menelaah stuktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek yang didengar dan dibaca sepasang dengan KD 4.2 yaitu menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Edi Puryanto, M.Pd. 2). Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 1309 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 16:01
Last Modified: 09 Apr 2020 18:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5288

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item