Hubungan antara Lingkungan Fisik dan Persepsi Harga dengan Kepuasan Pelanggan Ropisbak Ghifari pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta

AZIZ SUMARLIN, . (2018) Hubungan antara Lingkungan Fisik dan Persepsi Harga dengan Kepuasan Pelanggan Ropisbak Ghifari pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AZIZ FIX PRINT + SCAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, selama 4 bulan terhitung sejak Maret 2017 sampai dengan Juni 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara Lingkungan Fisik (servicescape) dengan kepuasan pelanggan dan Persepsi Harga dengan kepuasan pelanggan Ropisbak Ghifari Rawamangun pada mahasiswa Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri Jakarta. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Tata Niaga di Universitas Negeri Jakarta yang pernah mengunjungi Ropisbak Ghifari Rawamangun dua kali atau lebih dan merasa puas menjadi pelanggan Ropisbak Ghifari Rawamangun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik Purposive sampling sebanyak 113 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan �1 adalah Ŷ =49,18 + 0,458X . Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X1 dengan uji lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,056, sedangkan Ltabel untuk n = 113 pada taraf signifikan 0.05 adalah = 0,083 . Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji Linearitas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,24 < 1,56, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,664, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 9,37 dan ttabel = 1,66. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,664 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,4415 yang menunjukkan bahwa 44,15%. Variabel kepuasan pelanggan ditentukan oleh lingkungan fisik sebesar 44.15%. Sedangkan, persamaan regresi �2 Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ =36,73 + 0,767X . Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,049, sedangkan Ltabel untuk n = 113 pada taraf signifikan 0.05 adalah = 0,083 . Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Uji Linearitas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,47 < 1,61 , sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi product moment dari pearson menghasilkan rxy = 0,640, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 8,77 dan ttabel = 1,66. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,640 adalah positif dan signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,4095 yang menunjukkan bahwa 40,95%. Dari hasil perhitungan menunjukan kepuasan pelanggan ditentukan oleh lingkungan fisik sebesar 44,15% dan kepuasan pelanggan ditentukan oleh persepsi harga sebesar 40,95%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Rochyati, M. Pd 2) Dra. Nurahma Hajat, M.Si
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 01 Oct 2019 10:53
Last Modified: 01 Oct 2019 10:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item