AMANDA KANARY PUTRI, . (2024) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERPAAN MEDIA PROGRAM TAYANGAN DEBAT TERAKHIR CAPRES TAHUN 2024 DI SALURAN TV ONE TERHADAP SIKAP KESADARAN POLITIK PEMILIH PEMULA DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (954kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pada masa pemilu, televisi merupakan media massa yang dianggap penting karena dapat menjadi sarana kampanye bagi partai politik. Dalam pemilihan umum atau pemilu, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak partai politik yang memanfaatkan media massa sebagai sarana mempengaruhi masyarakat. Minimnya kesadaran dan edukasi tentang politik bagi pemilih pemula dikhawatirkan menjadi penyebab menurunnya tingkat partisipasi politik pada Pemilu 2024. Melalui tayangan debat capres, pemilih pemula dapat mengetahui visi misi, dan juga program-program yang dibawa oleh pasangan calon presiden. Persepsi akan terbangun seiring berjalannya waktu baik itu persepsi positif maupun negatif. Bagaimana cara para pasangan calon menyampaikan pesan dan membangun kesan juga akan terlihat selama proses debat berlangsung. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi massa karena debat capres memiliki tujuan untuk memberikan pengaruh kepada masyarakat dalam menentukan pilihannya pada pemilu 2024. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori agenda setting karena debat capres berperan sebagai media memiliki tujuan untuk memberikan pengaruh kepada khalayak untuk menentukan pilihannya dalam pemilu 2024. Hal tersebut berkaitan dengan asumsi dasar pada teori agenda setting yaitu bahwa media massa mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi dan membentuk persepsi masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei dan jenis penelitian eksplanatif. Populasi yang digunakan adalah pemilih pemula di Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang dihitung dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling melalui purposive sampling.Pembahasan dilakukan terhadap variabel terpaan media, sikap, dan faktor- faktor untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis 7 faktor dimana pemilih pemula di Jakarta terpapar media secara otomatis dan sadar saat menonton program debat terakhir di TV One, perilaku pemilih pemula di Jakarta dipengaruhi oleh program debat terakhir di TV One, dan pemilih pemula di Jakarta menyadari bahwa mereka terhanyut dalam isi pesan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemilih pemula di Jakarta terpapar media secara otomatis ataupun secara sadar saat menonton program tayangan debat terakhir capres tahun 2024 di saluran TV One, perilaku pemilih pemula di Jakarta dalam mencoblos pada tanggal 14 Februari dipengaruhi oleh program tayangan debat terakhir capres tahun 2024 di saluran TV One, dan hasil analisis faktor menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang paling mempengaruhi terpaan media program tayangan debat capres terakhir tahun 2024 di saluran TV One terhadap sikap kesadaran politik pemilih pemula di Jakarta. ***** During the election period, television is a mass media that is considered important because it can be a means of campaigning for political parties. In general elections or elections, it cannot be denied that many political parties utilize mass media as a means of influencing the public. The lack of awareness and education about politics for novice voters is feared to be the cause of the decline in the level of political participation in the 2024 elections. Through the broadcast of the presidential debate, novice voters can find out the vision and mission, as well as the programs brought by the presidential candidate pairs. Perceptions will be built over time, both positive and negative perceptions. How the candidate pairs convey messages and build impressions will also be seen during the debate process. This research uses the concept of mass communication because the presidential debate has the aim of influencing the public in determining their choices in the 2024 elections. The theory used in this research is agenda setting theory because the presidential candidate debate acts as a media with the aim of influencing the audience to make their choices in the 2024 elections, this relates to the basic assumption in agenda setting theory, namely that the mass media has the power to influence and shape public perceptions. The approach used in this research is quantitative with survey method and explanatory research type. The population used is novice voters in Jakarta with a sample size of 100 respondents calculated using the Slovin formula. The sampling technique used was nonprobability sampling through purposive sampling. The discussion is conducted on the variables of media exposure, attitudes, and factors to answer the problem formulation in this study using 7 factor analysis where novice voters in Jakarta are exposed to the media automatically and consciously when watching the final debate program on TV One, the behavior of novice voters in Jakarta is influenced by the final debate program on TV One, and novice voters in Jakarta realize that they are swept away in the content of the message. The results of this study show that novice voters in Jakarta are exposed to the media automatically or consciously when watching the final presidential debate program on the 2024 presidential candidate on the TV One channel, the behavior of novice voters in Jakarta in voting on February 14 is influenced by the final presidential debate program on the 2024 presidential candidate on the TV One channel, and the results of factor analysis show that there are factors that most influence the media exposure of the final presidential debate program on the 2024 presidential candidate on the TV One channel on the political awareness of novice voters in Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Kinkin Yuliaty Subarsa Putri, M.Si. ; 2). Dr. Vera Wijayanti Sutjipto, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Amanda Kanary Putri . |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 02:45 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 02:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53000 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |