PEMBUATAN MEDIA APLIKASI FILANESIA (FILANESIAPPS) BERBASIS ANDROMO UNTUK PELATIH SEPAKBOLA LISENSI D NASIONAL

AZHREEL VAHIER, . (2025) PEMBUATAN MEDIA APLIKASI FILANESIA (FILANESIAPPS) BERBASIS ANDROMO UNTUK PELATIH SEPAKBOLA LISENSI D NASIONAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)
[img] Text
LAMPIRAN & RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

*****ABSTRAK**** Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah Aplikasi Filosofi sepakbola Indonesia yang dapat digunakan oleh Pelatih lisensi D Nasional, Peneliti membuat aplikasi ini untuk membantu dan memudahkan pelatih dalam merancang sampai mengevaluasi latihan. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. Dalam penelitian ini ada lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Materi yang dapat dilihat didalam aplikasi ini terdiri dari 4 materi yang diambil dari buku kurikulum filosofi sepakbola Indonesia. Hasil dari pengembangan ini menghasilkan sebuah produk dalam bentuk aplikasi berbasis andromo yang telah dilakukan uji validasi atau uji kelayakan kepada ahli ilmu teknologi, instruktur lisensi A PSSI, dan dosen ahli sepakbola. Dari uji coba yang melibatkan 20 responden pelatih lisensi D Nasional, didapatkan hasil persentase 94,80% untuk kelayakan yang dinyatakan sangat baik, serta persentase 96,60% untuk kemenarikan yang juga dinyatakan sangat baik. Berdasarkan hasil ini, aplikasi android yang telah dibuat dianggap "layak" untuk digunakan oleh para pelatih guna mempermudah dan membantu dalam merancang juga mengevaluasi latihan. *****ABSTRACT***** This study aims to develop an Indonesian Football Philosophy Application that can be used by National D-License Coaches. The researcher created this application to assist and facilitate coaches in designing and evaluating training sessions. The research method employed in this study is the Research and Development (R&D) method using the ADDIE development model. The study consists of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The content included in this application comprises four chapters derived from the Indonesian Football Philosophy curriculum book. The development process resulted in a product in the form of an Andromo-based application, which underwent validation or feasibility tests by technology experts, PSSI A-License instructors, and football academic experts. From trials involving 20 respondents who are National D License coaches, the results showed a feasibility percentage of 94.80%, rated as "excellent," and an attractiveness percentage of 96.60%, also rated as "excellent." Based on these results, the developed Android application is considered "feasible" to be used by coaches to facilitate and assist in designing and evaluating training sessions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nur Fitranto, S.Pd., M.Pd. ; 2). Eko Prabowo, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Sepakbola
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Azhreel Vahier .
Date Deposited: 18 Feb 2025 04:01
Last Modified: 18 Feb 2025 04:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53010

Actions (login required)

View Item View Item