BAHAN AJAR LITERASI BERBASIS GAMIFIKASI PEDAGOGI DI SEKOLAH DASAR

YULIAN DINIHARI, . (2024) BAHAN AJAR LITERASI BERBASIS GAMIFIKASI PEDAGOGI DI SEKOLAH DASAR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 .COVER (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (901kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (805kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Literasi merupakan kemampuan dalam memahami, menginterpretasikan, menerapkan, dan mengevaluasi informasi secara lisan dalam berbagai situasi. Hasil Assemen Kompetensi Minimum tahun 2021 mengukur tingkat literasi siswa di Indonesia masih rendah. Pada tahun 2022 laporan PISA mengindikasikan Indonesia posisi 11 peringkat terbawah dari 81 Negara yang mengikuti Assemen. Laporan PISA mencatat Indonesia mengalami penurunan skor penilaian kemampuan membaca. Skor membaca turun dari 371 tahun 2018 menjadi 359 tahun 2022. Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan mengindikasikan bahwa hambatan dalam menumbuhkan literasi terdiri dari akses materi bacaan, motivasi membaca, pemahaman membaca, keterampilan menganlisis, dan dukungan keluarga. Melalui hasil observasi dan wawancara kepada sembilan guru sekolah dasar, kebutuhan akan pentingnya pembuatan bahan ajar literasi yang menyesuaikan karakteristik guru dan siswa sekolah dasar, kebutuhan integrasi teknologi, mempunyai akses tidak terbatas, memberikan umpan balik, penghargaan, dan menjadikan pembelajaran menjadi interaktif. Maka diperlukan pendekatan gamifikasi pedagogi untuk mengakomodir kebutuhan bahan ajar literasi, sebagai upaya meningkatkan literasi siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kualitas, mengetahui kelayakan dan keefektifan bahan ajar literasi berbasis gamifikasi pedagogi. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan pada siswa dan guru di empat Sekolah Dasar yang terdapat di Provinsi DKI Jakarta tahun pelajaran 2022/2023 dan 2023/2024. Uji kelayakan bahan ajar dilakukan melalui uji pakar, uji coba one to one, uji coba small group, dan uji lapangan. Uji kelayakan menggunakan kuesioner dengan skala likert satu sampai dengan lima. Hasil analisis kebutuhan digunakan untuk merancang dan mengembangkan bahan ajar literasi berbasis gamifikasi pedagogi. Hasil kelayakan uji pakar materi jumlah rata-rata 3,61 atau 72,7% kategori baik, uji pakar media jumlah rata-rata 4,57 atau 92,86% kategori sangat baik, dan uji pakar bahasa ratarata 4 atau 80% kategori sangat baik dan layak digunakan untuk uji coba selanjutnya. Tahap uji coba one to one, small group, dan uji lapangan mendapatkan jumlah rata 90,6% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba kelayakan produk menyatakan, bahan ajar literasi berbasis gamifikasi pedagogi selesai pada tahap pengembangan dan layak untuk diimplementasikan. Implementasi dilakukan pada 141 siswa di empat Sekolah Dasar, kelas eksperimen diperoleh rata-rata 71 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata 44. Hasil implementasi menyatakan bahwa terdapat peningkatan efektivitas produk bahan ajar literasi berbasis gamifikasi pedagogi. Dengan demikian, bahan ajar literasi berbasis gamifikasi pedagogi dinyatakan layak diimplementasikan dan efektif meningkatkan literasi siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zainal Rafli, MPd 2). Prof. Dr. Endry Boeriswati, MPd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Yulian Dinihari .
Date Deposited: 18 Feb 2025 06:52
Last Modified: 18 Feb 2025 06:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53057

Actions (login required)

View Item View Item