YASSIR MUSTAKIM NUR, . (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN PERMAINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEBUGARAN JASMANI (Studi Eksperimen pada Peserta didik Sekolah Dasar di Kabupaten Enrekang). Doktor thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
01 COVER.pdf Download (777kB) |
![]() |
Text
02 BAB I.pdf Download (631kB) |
![]() |
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (812kB) | Request a copy |
![]() |
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (549kB) |
![]() |
Text
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran permainan dan motivasi belajar terhadap kebugaran jasmani peserta didik Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain treatment by level 3x2 yang dilakukan di kelas VI (Enam) Sekolah Dasar di Kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan. Pengumpulan data menggunakan penilaian kebugaran jasmani dan tes motivasi belajar melalui kuesioner. Temuan penelitian : 1) Pembelajaran Permainan Tradisional (PPT) lebih efektif meningkatkan kebugaran jasmani dibandingkan Pembelajaran Permainan Dengan Alat (PPDA) .; 2) Pembelajaran Permainan Tradisional (PPT) lebih efektif dibandingkan Pembelajaran Permainan Tanpa alat (PPTA) ; 3) Pembelajaran Permainan Dengan Alat (PPDA) lebih efektif dibandingkan Pembelajaran Permainan Tanpa alat (PPTA) ; 4) Terdapat interaksi antara jenis pembelajaran permainan dan motivasi belajar terhadap kebugaran jasmani; 5) Peserta didik dengan motivasi tinggi menunjukkan hasil lebih baik dengan permainan Tradisional (PPT) dibandingkan Pembelajaran Permainan Dengan Alat (PPDA) ; 6) Peserta didik bermotivasi tinggi menunjukkan hasil lebih baik dengan permainan Tradisional (PPT) dibandingkan Pembelajaran Permainan Tanpa alat (PPTA) ; 7) Peserta didik bermotivasi tinggi menunjukkan hasil lebih baik dengan Pembelajaran Permainan Dengan Alat (PPDA) dibandingkan Pembelajaran Permainan Tanpa alat (PPTA) ; 8) Peserta didik bermotivasi rendah menunjukkan hasil lebih baik dengan permainan Tradisional (PPT) dibandingkan Pembelajaran Permainan Dengan Alat (PPDA) ; 9) Peserta didik bermotivasi rendah menunjukkan hasil lebih baik dengan permainan Tradisional (PPT) dibandingkan Pembelajaran Permainan Tanpa alat (PPTA) ; 10) Peserta didik bermotivasi rendah menunjukkan hasil lebih baik dengan Pembelajaran Permainan Dengan Alat (PPDA) dibandingkan Pembelajaran Permainan Tanpa alat (PPTA) . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran permainan dan motivasi belajar terhadap kebugaran jasmani peserta didik di Sekolah Dasar. ***** This study aims to determine the effect of game learning and learning motivation on the physical fitness of elementary school students. This study is a quantitative study using an experimental method with a treatment by level 3x2 design conducted in class VI (Six) of Elementary Schools in Enrekang Regency, South Sulawesi Province. Data collection using physical fitness activity assessment and learning motivation test through questionnaires. Research findings: 1) Traditional game learning is more effective in improving physical fitness compared to games with tools; 2) Traditional game learning is more effective than games without tools; 3) Learning games with tools is more effective than games without tools; 4) There is an interaction between the type of game learning and learning motivation towards physical fitness; 5) Students with high motivation show better results with traditional games compared to games with tools; 6) Highly motivated students show better results with traditional games compared to games without tools; 7) Highly motivated students show better results with games with tools compared to games without tools; 8) Lowly motivated students show better results with traditional games compared to games with tools; 9) Lowly motivated students show better results with traditional games compared to games without tools; 10) Low-motivated students performed better with games with tools than with games without tools. Based on the research results, it can be concluded that there is a significant influence of game learning and learning motivation on physical fitness activities of students in elementary schools. Keywords: Physical Fitness, Game Learning, Learning Motivation
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Hidayat Humaid, M.Pd 2). Dr. Eka Fitri Novita Sari, M.Pd |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Yassir Mustakim Nur . |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 03:37 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 03:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |