PENGEMBANGAN MODUL AUTODESK INVENTOR BERBASIS PRAKTIK PADA PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR DI SMK NEGERI 52 JAKARTA

SAMSUL BAHRI, . (2025) PENGEMBANGAN MODUL AUTODESK INVENTOR BERBASIS PRAKTIK PADA PEMBELAJARAN GAMBAR TEKNIK MANUFAKTUR DI SMK NEGERI 52 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan memahami proses pengembangan dan menciptakan bahan ajar berupa modul pembelajaran Autodesk Inventor berbasis Praktik pada pembelajaran gambar teknik manufatur di SMK Negeri 52 Jakarta, serta mengevaluasi keberlanjutan bahan ajar berupa modul tersebut. Dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran gambar teknik manufaktur, peserta didik tidak diberikan buku pegangan. Akibatnya, mereka kurang mendalami materi yang diajarkan dan cenderung mudah melupakan apa yang telah disampaikan. Kondisi ini berpengaruh pada hasil belajar peserta didik yang menjadi kurang optimal. Selain itu, kesulitan lain yang dialami peserta didik dalam pembelajaran gambar teknik manufaktur adalah kurang memahami dalam hal praktik penggunaan autodesk inventor sehingga peserta didik kesulitan belajar secara mandiri. Salah satu faktor yang membuat peserta didik tidak dapat belajar secara mendiri adalah karena tidak tersedianya bahan ajar berupa modul yang mendukung proses pembelajaran yang dapat menjadi panduan lebih terstruktur untuk memahami dan menguasai materi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berupa modul Pembelajaran Berbasis Praktik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE, yang mana dalam prosedur pengembangannya dibagi dalam 5 tahap, yaitu: (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. ADDIE dipilih karena model ini memberikan detail yang lebih lengkap dalam langkah-langkah pengembangan dibandingkan dengan model-model lainnya, serta terstruktur secara sistematis dalam menciptakan produk atau program pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala likert dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Tingkat kelayakan modul ini dinilai oleh ahli desain intruksional, ahli materi, ahli media, dan peserta didik. ***** This research aims to produce and understand the process of developing and creating teaching materials in the form of Practice-based Autodesk Inventor learning modules on learning manufacturative engineering drawings at SMK Negeri 52 Jakarta, as well as evaluating the sustainability of teaching materials in the form of modules. In the learning process, especially in the subject of manufacturing engineering drawings, students are not given a handbook. As a result, they lack depth in the material taught and tend to easily forget what has been conveyed. This condition affects the learning outcomes of students which are less than optimal. In addition, another difficulty experienced by students in learning manufacturing engineering drawings is a lack of understanding in terms of the practice of using autodesk inventor so that students find it difficult to learn independently. One of the factors that makes students unable to learn independently is due to the unavailability of teaching materials in the form of modules that support the learning process that can be a more structured guide to understand and master the material. The purpose of this study is to develop teaching materials in the form of Practice-Based Learning modules. The type of research used is Research and Development (R&D) development, with the ADDIE development model, which in the development procedure is divided into 5 stages, namely: (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. ADDIE was chosen because this model provides more complete details in the development steps compared to other models, and is systematically structured in creating a learning product or program. Data collection was carried out through a questionnaire with a Likert scale and analyzed in a quantitative descriptive manner. The feasibility level of this module is assessed by instructional design experts, material experts, media experts, and learners.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Ratu Amilia Avianti, M.Pd. ; 2). Drs. Sopiyan, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Samsul Bahri .
Date Deposited: 19 Feb 2025 06:39
Last Modified: 19 Feb 2025 06:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53117

Actions (login required)

View Item View Item