LINDA JUNIANTI, . (2025) MODEL PEMBELAJARAN PASSING SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS X SMAN 1 PARUNGPANJANG. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
FILE 1 REPISITORY.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1 REPISITORY.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
BAB 2 REPISITORY.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3 REPISITORY.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4 RAPISITORY.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5 REPISITORY.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTKA REPISITORY.pdf Download (445kB) |
![]() |
Text
FILEE 2 REPISITORY.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Temuan dalam pembelajaran passing sepak bola ditingkat SMA menunjukkan diantaranya siswa merasa kesulitan dalam melakukan rangkaian gerak menendang bola disebabkan belum terbiasanya dalam melakukan Gerakan yang menyebabkan siswa menjadi menendang bola dengan cara asal (sekedar menendang), dan siswa Perempuan yang merasa takut jika bola yang di tending tidak sesuai akurasi dan sampai pada rekan tujuannya. Tujuan penelitian ini untuk 1) Menganalisis model pembelajaran passing Sepakbola untuk sekolah menengah Atas, 2) Menganalisis kelayakan model pembelajaran Passing Sepakbola untuk sekolah menengah Atas, 3) Mengkaji efektifitas model pembelajaran Passing Sepakbola untuk sekolah menengah Atas. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2024. Pada penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Sampel pada penelitian ini menggunakan 37 siswa kelas X3 SMA NEGERI 1 PARUNGPANJANG. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan Passing sepakbola. Hasil pengujian efektivitas model pembelajaran Passing sepakbola dijabarkan kedalam data hasil pretest, posttest, dan Uji perbedaan rata-rata, serta pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data menunjukkan uji normalitas menunjukkan angka 0,170. dan uji homogenitas menunjukkan angka 0,222 yang berarti berdistribusi normal dan homogen, sedangkan uji t diperoleh yakni 0,000 < 0,05. Dengan demikian model pembelajaran Passing sepakbola terbukti cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan passing. Kesimpulan hasil penelitian ini 1) Model pembelajaran Passing sepakbola untuk sekolah menengah atas menghasilkan 15 item model pembelajaran secara berbeda beda dengan ketentuan pengelompokkan, 2) model pembelajaran Passing sepakbola berdiferensiasi untuk sekolah menengah atas dinyatakan layak, dan 3) model pembelajaran Passing sepakbola untuk sekolah menengah atas yang dibuat efektif terhadap peningkatan hasil pembelajaran Passing sepakbola. The findings of this study showed that students have difficulty to kick the ball in a structured manner, therefore students kicked the ball in an unstructured manner; while female students are afraid of kicking the ball inaccurately. The purpose of this study is to 1) Analyse the Football Passing learning model in high schools, 2) Analyse the feasibility of Football Passing learning model in high schools, 3) Assess the effectiveness of Football Passing learning model in high schools. This study was conducted from August - October 2024. This study used ADDIE model in developing the study with 37 students of class X3 of SMA NEGERI 1 PARUNGPANJANG as samples. The instrument used in this study was a football Passing ability test. The results of the effectiveness test of soccer Passing learning model are described in the pretest, post-test, and average difference test data, as well as the analysis requirements test by using normality and homogeneity test. The results of the normality test analysis showed 0.170 and the homogeneity test showed 0.222 point which means it is normally distributed and homogeneous, while the t-test was 0.000 <0.05. Thus, the soccer Passing learning model has proven its effectiveness in improving passing ability. The conclusion of this study is 1) football Passing learning model for senior high schools produces 15 different learning model items with grouping provisions, 2) the differentiated football Passing learning model for senior high schools is proven feasible, and 3) the football Passing learning model for senior high schools is effective in improving football Passing learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1.) Prof. Dr. Samsudin, M.Pd 2.) Dr. Yasep Setiakarnawijaya, M.Pd |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Sepakbola Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Linda Junianti . |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 07:18 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 07:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53195 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |