PELANGI IRBA HIDAYANTI, . (2025) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (516kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (555kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VI Sekolah Dasar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri di wilayah Kelurahan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan jumlah siswa sebanyak 108. Data efikasi diri dikumpulkan dengan kuesioner dan data kemampuan pemecahan masalah matematika dikumpulkan dengan tes terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi Ŷ = 0,867 + 0,441X dengan koefisien korelasi rxy = 0,227. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika. Efikasi diri memberi kontribusi sebesar 5,2% terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VI SD. Oleh karena itu, guru perlu menumbuhkan keyakinan siswa terhadap kemampuan mereka sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dengan memberikan pengalaman awal keberhasilan, memberi umpan balik positif, dan menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan.***** This study aims to determine the relationship between self-efficacy and mathematical problem-solving ability of sixth grade elementary school students. The population in this study were sixth grade public elementary school students in Jagakarsa Subdistrict, South Jakarta. The research method used was a quantitative research method with a correlational technique. The sampling technique used was cluster random sampling with a sample size of 108 students. Self-efficacy data were collected using a questionnaire and mathematical problem-solving ability was collected using an open test. Regression equation is Ŷ = 0.867 + 0.441X with a correlation coefficient of rxy = 0.227. The results showed that self-efficacy has a positive and significant relationship with mathematical problem-solving ability. Self-efficacy contributed 5.2% to the problem-solving ability of sixth grade elementary school students. Therefore, teachers need to foster student’s belief in their abilites so that they can improve abilities in solving mathematical problems by providing early experiences of success, giving positive feedback, and creating fun learning activities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.; 2). Engga Dallion EW, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Psikologi Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 26680 not found. |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 06:36 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 06:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53250 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |