CHICA AL KHOIRIYAH, . (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (830kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah media video animasi pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini mempunyai tujuan menghasilkan video animasi pembelajaran untuk memfasilitasi siswa dalam memahami materi komponen peta. Pengembangan video animasi ini mengacu pada model pengembangan produk Hannafin dan Peck. Model Hannafin & Peck membagi tahapan pengembangan dalam tiga tahapan, yaitu: Fase Analisis Kebutuhan (Need Asses), Fase Desain (Design) dan Fase Pengembangan atau Implementasi (Develop/Implementation). Proses evaluasi produk dilakukan melalui validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta dengan uji coba pada siswa kelas VII SMP Negeri 28 Jakarta, yang mencakup uji one to one, small group, dan field test. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa video animasi pembelajaran ini telah memenuhi kriteria kelayakan baik dari aspek materi maupun media. Hasil dari uji coba pengguna siswa memberikan respons positif, menyatakan bahwa media ini menarik, mudah dipahami, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman materi. Berdasarkan hasil pengembangan menunjukkan bahwa video animasi pembelajaran ini layak untuk memfasilitasi pembelajaran pada materi komponen peta di kelas VII SMP. Kata kunci: Pengembangan, Video animasi pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial, komponen peta, siswa kelas VII SMP.***** This development research produced an educational medium in the form of animated learning videos for the Social Studies (IPS) subject aimed at Grade VII junior high school students. The research aimed to create animated learning videos to facilitate students' understanding of the map components material. The development process followed the Hannafin and Peck product development model, which includes three stages: Needs Assessment Phase, Design Phase, and Development/Implementation Phase. The product evaluation process involved validation by subject matter experts and media experts, as well as trials with Grade VII students of SMP Negeri 28 Jakarta. The trials included one-to-one evaluations, small group evaluations, and field tests. Evaluation results showed that the animated learning video met feasibility criteria in terms of content and media. User trials indicated positive responses from students, who found the media engaging, easy to understand, and effective in improving their comprehension of the material. Based on the development results, the animated learning video was deemed suitable to facilitate learning on the map components material for Grade VII students. Keywords: Development, Animated learning video, Social Studies, map components, Grade VII students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd. ; 2). Dr. Khaerudin, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 26423 not found. |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 01:50 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 01:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53276 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |