MANAJEMEN KERJA SAMA SMK DENGAN DUNIA USAHA, INDUSTRI, DAN KERJA (DUDIKA) DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KERJA SISWA: STUDI KASUS DI SMK PERGURUAN CIKINI JAKARTA UTARA

SILVIA RAHMI, . (2025) MANAJEMEN KERJA SAMA SMK DENGAN DUNIA USAHA, INDUSTRI, DAN KERJA (DUDIKA) DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KERJA SISWA: STUDI KASUS DI SMK PERGURUAN CIKINI JAKARTA UTARA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (760kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (646kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kesenjangan antara keterampilan lulusan SMK dengan kebutuhan industri telah menjadi tantangan dalam pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. World Economic Forum memproyeksikan 50% keterampilan kerja saat ini akan usang dalam 5 tahun ke depan, sementara McKinsey memperkirakan 23% pekerjaan di Indonesia akan terdampak otomatisasi pada tahun 2030. Dinamika ini menciptakan urgensi bagi SMK untuk melakukan rekalibrasi dalam mempersiapkan lulusan yang adaptif terhadap perubahan teknologi dan tuntutan industri melalui penguatan kerja sama SMK dengan Dunia Usaha, Industri dan Kerja (DUDIKA), untuk itu dibutuhkan manajemen yang efektif dalam pelaksanaanya. Penelitian ini bertujuan menganalisis manajemen kerja sama SMK dengan DUDIKA dalam mengembangkan keterampilan kerja siswa. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian dilakukan di salah satu SMK Pusat Keunggulan di Jakarta Utara. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan informan kunci yang mewakili pihak sekolah dan industri, observasi langsung terhadap implementasi program, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian mengungkapkan empat komponen kunci manajemne kerja sama yang efektif yaitu: (1) perencanaan berbasis analisis kebutuhan, (2) pengorganisasian dengan struktur adaptif, (3) pelaksanaan program terintegrasi melalui teaching factory, praktik kerja industri, dan kelas industri, serta (4) evaluasi komprehensif. Model ini terbukti efektif meningkatkan keterampilan kerja siswa, ditunjukkan dengan peningkatan penyerapan lulusan dari 54% menjadi 66,49% dalam tiga tahun terakhir serta pencapaian sertifikasi kompetensi LSP 100%. Kata kunci: manajemen kerja sama, keterampilan kerja, SMK, DUDIKA ***** The skills gap between vocational high school (SMK) graduates and industry requirements has become a significant challenge in Indonesia's human resource development. The World Economic Forum projects that 50% of current work skills will become obsolete within the next five years, while McKinsey estimates that 23% of jobs in Indonesia will be affected by automation by 2030. This dynamic creates urgency for SMK to recalibrate their approach in preparing graduates who are adaptive to technological changes and industry demands through strengthened collaboration between SMK and Business, Industry, and Work Partners (DUDIKA). This study aims to analyze the management of SMK-DUDIKA collaboration in developing students' work skills. Using a qualitative approach with case study methodology, the research was conducted at a Center of Excellence SMK in North Jakarta. Data were collected through in-depth interviews with key informants representing school and industry stakeholders, direct observation of program implementation, and relevant document analysis. The findings reveal four key components of effective collaboration management: (1) needs analysis-based planning, (2) adaptive organizational structure, (3) integrated program implementation through teaching factory, industrial work practices, and industry classes, and (4) comprehensive evaluation. This model proved effective in enhancing students' work skills, demonstrated by an increase in graduate absorption from 54% to 66.49% over the past three years and achieving 100% LSP competency certification. Keywords: cooperation management, employability skills, vocational education, industry collaboration

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Teguh Trianung Djoko Susanto, M.M. ; 2). Dr. H. Sugiarto, M.A.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 26551 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2025 02:19
Last Modified: 24 Feb 2025 02:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53288

Actions (login required)

View Item View Item