PENGEMBANGAN E-MODUL BAHASA INGGRIS MARITIM UNTUK PESERTA PELATIHAN PAD MATA DIKLAT "BAHASA INGGRIS MARITIM" DI BP2TL

NAUFAL YUSUFAUDY, . (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BAHASA INGGRIS MARITIM UNTUK PESERTA PELATIHAN PAD MATA DIKLAT "BAHASA INGGRIS MARITIM" DI BP2TL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Memberikan langkah langkah pengembangan media e-modul Bahasa Inggris Maritim di Balai Pendidikan Transportasi Laut (BP2TL). (2) E-modul ini dapat memfasilitasi pengajar dan peserta sebagai bahan belajar dalam pembelajaran terkait pengetahuan Bahasa Inggris Maritim. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kurangnya bahan ajar yang memadai, khususnya modul elektronik, yang dapat membantu peserta pelatihan dalam memahami istilah, tata bahasa, dan komunikasi dalam konteks maritim. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengembangan e-modul ini tidak hanya berisi materi pembelajaran, tetapi juga dilengkapi dengan elemen interaktif seperti video dan tautan tambahan untuk memperkaya pengalaman belajar. Perolehan penilaian oleh ahli materi yaitu mendapat persentase 88% dengan kategori sangat layak, selanjutnya penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase sebesar 92,5% dengan kategori sangat layak, dan penilaian pengguna media memperoleh persentase sebesar 82% dengan kategori sangat layak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan e-modul dapat meningkatkan ketuntasan belajar peserta pelatihan. Dengan adanya e-modul, diharapkan peserta dapat lebih mudah mengakses materi pembelajaran kapan saja dan di mana saja, serta meningkatkan ketertarikan mereka pada bahan ajar. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran di bidang pendidikan Maritim, serta menjadi referensi bagi lembaga pendidikan dan pelatihan lainnya dalam menyusun bahan ajar yang layak dan inovatif. Kata Kunci : E-Modul, Bahasa Inggris Maritim ***** This study aims to: (1) Provide a framework for developing an English Maritime e-module at the Maritime Transport Education and Training Center (BP2TL). (2) Facilitate instructors and trainees by providing an e-module as a learning resource related to Maritime English knowledge. The background of this research stems from the lack of adequate teaching materials, particularly electronic modules, to assist trainees in understanding terminology, grammar, and communication within the maritime context. The research method employed is research and development (R&D) using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The developed e-module not only contains learning materials but also includes interactive elements such as videos and additional links to enrich the learning experience. The evaluation results from material experts showed an 88% rating categorized as "highly feasible." Media experts gave a 92.5% rating, also categorized as "highly feasible," and user evaluations resulted in an 82% rating, categorized as "highly feasible." The findings of this study indicate that the use of the e-module can improve learning outcomes for trainees. With the availability of the e-module, trainees are expected to access learning materials more easily anytime and anywhere, thereby increasing their interest in the teaching materials. This study contributes to the development of teaching methods in Maritime Education and serves as a reference for other educational and training institutions in designing feasible and innovative teaching materials. Keywords : E-Module, Maritime English

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Elais Retnowati, M.Si; 2). Drs. Ahmad Tijari, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Naufal Yusufaufy .
Date Deposited: 24 Feb 2025 02:49
Last Modified: 24 Feb 2025 02:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53291

Actions (login required)

View Item View Item