NABILA KHALISHA FAUZI, . (2024) PENGARUH TERPAAN MEDIA PADA PEMBERITAAN BOIKOT PRODUK PRO ISRAEL DI MEDIA ONLINE DETIK.COM TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA GERAKAN MAHASISWA NASIONAL INDONESIA (GMNI) KOTA TANGERANG (STUDI EKSPLANATIF PADA BERITA “TERKUAK DAMPAK BOIKOT PRODUK PRO ISRAEL DI INDONESIA” TANGGAL 14 MARET 2024). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (621kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (901kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Topik pemberitaan boikot produk pro Israel mulai ramai diperbincangkan dan menjadi sorotan media online. Persepsi mengenai aksi boikot dinilai menjadi cerminan sikap moral dan tingkat kesadaran serta pemahaman terhadap isu kompleks global yang terjadi saat ini, termasuk persepsi mahasiswa dalam konteks kesadaran sosial dan politik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh terpaan media pada pemberitaan boikot produk pro Israel di media online Detik.com terhadap persepsi mahasiswa GMNI Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan teori agenda setting untuk menjelaskan pengaruh terpaan media terhadap persepsi. Variabel terpaan media diukur dengan dimensi paparan, perhatian, dan keadaan paparan. Variabel persepsi diukur dengan dimensi stimulasi, pengorganisasian, interpretasi-evaluasi, memori, dan mengingat. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada sampel dari populasi mahasiswa GMNI Kota Tangerang sebanyak 60 responden. Berdasarkan data yang diperoleh, hasil dari penelitian terbukti bahwa data berdistribusi normal dan linear. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terpaan media pada pemberitaan boikot produk pro Israel di media online Detik.com berpengaruh kuat dan signifikan terhadap persepsi mahasiswa GMNI Kota Tangerang, hal ini dapat dibuktikan melalui hasil analisis regresi linear sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 serta didukung dengan hasil koefisien determinasi sebesar 70,6%. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini yaitu pemberitaan boikot produk pro Israel di media online Detik.com telah menerpa mahasiswa GMNI Kota Tangerang sehingga terbentuk persepsi mahasiswa GMNI Kota Tangerang mengenai boikot produk pro Israel, oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terpaan media terbukti memiliki pengaruh terhadap persepsi. Kata kunci: Terpaan Media, Persepsi, Media Online // ************ The topic of boycotting pro-Israel products has been widely discussed and highlighted by online media. Perceptions of the boycott are considered to be a reflection of moral attitudes and the level of awareness and understanding of current global complex issues, including student perceptions in the context of social and political awareness. The purpose of this study is to determine the effect of media exposure on the news of the boycott of pro-Israel products in the online media Detik.com on the perceptions of GMNI Tangerang City students. This study uses agenda setting theory to explain the influence of media exposure on perceptions. Media exposure variables are measured by the dimensions of exposure, attention, and exposure state. Perception variables are measured by the dimensions of stimulation, organization, interpretation-evaluation, memory, and recall. This research uses the positivism paradigm with a quantitative research approach. The method used is a survey method by distributing questionnaires to a sample of the GMNI Tangerang City student population of 60 respondents. Based on the data obtained, the results of the study proved to be normally and linearly distributed. The results showed that media exposure to the news of the boycott of pro-Israel products on Detik.com online media had a strong and significant effect on the perceptions of GMNI Tangerang City students, which can be proven through the results of simple linear regression analysis with a significance value of 0.001 < 0.05 and supported by the results of the coefficient of determination of 70.6%. The conclusion obtained from this research is that the news of the boycott of pro-Israel products in the online media Detik.com has hit GMNI Tangerang City students so that the perceptions of GMNI Tangerang City students regarding the boycott of pro-Israel products are formed, therefore it can be stated that Ho is rejected and Ha is accepted, so that media exposure is proven to have an influence on perceptions. Keywords: Media Exposure, Perception, Online Media
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. E. Nugrahaeni P., M.Si. ; 2). Dr. Vera Wijayanti Sutjipto, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 26688 not found. |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 07:14 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 07:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53366 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |