SURVEI MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP NEGERI SE KELURAHAN SUNTER AGUNG

MUHAMMAD FARHAN AL-MUGHNI, . (2025) SURVEI MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP NEGERI SE KELURAHAN SUNTER AGUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy

Abstract

*****ABSTRAK***** Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar motivasi yang mempengaruhi peserta didik dalam keikutsertaannya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri se-Kelurahan Sunter Agung. Metode penelitian ini adalah deskriptif prosentase dengan pendekatan survei dan angket sebagai alat untuk mengumpulkan data pada siswa yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri se-Kelurahan Sunter Agung berjumlah 400 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 80 siswa. Variabel yang diteliti adalah survei motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli yang terdiri dari enam aspek yang mempengaruhinya antara lain adalah : sikap, kebutuhan, rangsangan, afeksi, kompetensi dan penguatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab IV dapat diambil kesimpulan bahwa survei motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri Se-Kelurahan Sunter Agung tergolong sedang dengan prosentase skor sebesar 58 %, dengan perincian : dilihat dari jenis motivasinya menunjukan bahwa motivasi yang mempengaruhi ialah aspek sikap berupa pengalaman yang merupakan motivasi ekstrinsik sebesar 63% dalam kategori tinggi sedangkan motivasi yang terendah adalah aspek kebutuhan berupa motivasi fisiologis sebesar 54% dalam kategori rendah. Mengapa indikator fisiologis tidak lebih tinggi dari pada indikator pengalaman, karena ada beberapa alasan antara lain peserta didik memiliki keterbatasan kekuatan daya tahan otot dalam memukul dan smash bola voli, kurangnya koordinasi motorik, dan tidak memiliki postur yang tinggi secara keseluruhan pada masing masing sekolah yang dimaksud. Maka mereka enggan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli bahkan tidak menikmati permainannya, sehingga faktor fisiologis belum mereka sadari manfaat kesehatannya. Jadi yang muncul hanyalah motivasi dalam mencari pengalaman dari masing masing sekolah yang dimaksud, namun pengalaman tersebut akhirnya berbuah penghargaan berupa prestasi kejuaraan tingkat DKI di tanggal 16 Desember 2024 yaitu diraih oleh SMP N 282 Jakarta, setelah peneliti selesai mengadakan penelitian di SMP N se Kelurahan Sunter Agung. Kata Kunci: Survei Motivasi Siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli *****ABSTRACT***** The purpose of this research is to find out how much motivation influences students in their participation in volleyball extracurricular activities in SMP Negeri se-Kelurahan Sunter Agung This research method is a descriptive percentage with a survey and questionnaire approach as a tool to collect data on students who actively participate in volleyball extracurricular activities. The population of this study was all students who took part in volleyball extracurricular activities at SMP Negeri se-Kelurahan Sunter Agung, totaling 400 students. The samples taken were 80 students. The variable studied was a survey of student motivation in participating in volleyball extracurricular activities which consisted of six aspects that influenced it, including: attitudes, needs, stimulation, affection, competence and reinforcement. Based on the results of the research and discussion in chapter IV, it can be concluded that the survey of student motivation in participating in volleyball extracurricular activities at SMP Negeri se-Kelurahan Sunter Agung is classified as moderate with a score percentage of 58%, with details: looking at the type of motivation, it shows that motivation influences namely the attitude aspect in the form of experience which is extrinsic motivation at 63% in the high category, while the lowest motivation is the need aspect in the form of physiological motivation at 54% in the low category. Why are physiological indicators not higher than experience indicators, because there are several reasons, including students having limited muscle endurance in hitting and smashing volleyball, lack of motor coordination, and not having high overall posture in each school in question. So they are reluctant to take part in extracurricular volleyball activities and don't even enjoy the game, so they don't realize the health benefits of physiological factors. So what emerged was only motivation in seeking experience from each of the schools in question, but this experience ultimately resulted in an award in the form of a DKI level championship achievement on December 16 2024, which was achieved by SMP Negeri 282 Jakarta, after the researcher had finished conducting research at SMP Negeri seKelurahan Sunter Agung

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. IWAN SETIAWAN, M.Pd 2. DWI INDRA KURNIAWAN, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Voli
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Muhammad Farhan Al-Mughni .
Date Deposited: 25 Feb 2025 02:55
Last Modified: 25 Feb 2025 02:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53426

Actions (login required)

View Item View Item