PENGEMBANGAN MEDIA MOBIL (MONOPOLI BILANGAN) ADAPTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL

ALVIRA SHAFA AMELIA, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA MOBIL (MONOPOLI BILANGAN) ADAPTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peserta didik dengan hambatan intelektual (HI) mengalami kesulitan dalam menguasai konsep bilangan, bahkan untuk hal yang bersifat sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media yang dapat digunakan untuk mengajarkan konsep bilangan secara menyenangkan dan efektif kepada peserta didik HI. Media dikembangkan melalui metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media yang dikembangkan berbasis kepada media permainan monopoli bilangan yang diadaptasi. Oleh karena itu, disebut dengan media MOBIL adaptif (Monopoli Bilangan adaptif). Media yang dihasilkan telah divalidasi oleh tiga ahli, yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli hambatan intelektual, dengan hasil validasi berada pada kategori sangat baik. Media telah diujicobakan kepada peserta didik HI kelas V di Sekolah Luar Biasa Negeri 7 Jakarta sebanyak 4 kali pertemuan pembelajaran. Hasil uji coba menunjukkan bahwa penggunaan media MOBIL adaptif dapat meningkatkan capaian pembelajaran pada pokok bahasan mengenal lambang bilangan. Selain itu, hasil uji coba juga menunjukkan bahwa media MOBIL adaptif dapat memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan pada peserta didik HI, yang ditandai dengan adanya partisipasi peserta didik yang intens selama proses pembelajaran. Media MOBIL adaptif dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media dalam meningkatkan penguasaan konsep bilangan, khususnya mengenalkan lambang bilangan bagi peserta didik HI.***** Students with intellectual disabilities (ID) have difficulties in mastering number concepts even those that are relatively simple. This research aims to develop a media that can be used to teach number concepts in an enjoyable and effective way to students with ID. The media was developed using the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The developed media is based on an adapted number monopoly game, and it is called Adaptive MOBIL media (Monopoli Bilangan Adaptif). The media was validated by three experts: a media expert, a content expert, and an intellectual disability expert, with the validation results falling within the "very good" category. The media has been tested with fifth-grade students with ID at a Special Needs School (SLB) 7 Jakarta over four learning sessions. The results of the trial indicate that the use of the adaptive MOBIL media can improve learning outcomes in the topic of recognizing number symbols. In addition, the trial results also show that the adaptive MOBIL media can provide an interactive and enjoyable learning experience for students with ID, marked by their active participation during the learning process. The adaptive MOBIL media can be used as an alternative media to enhance the mastery of number concepts, especially in introducing number symbols to students with ID.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Asep Supena, M.Psi.; 2). Dr. Ishak Gerald Bachtiar, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 26797 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2025 01:41
Last Modified: 26 Feb 2025 01:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53436

Actions (login required)

View Item View Item