RAMDHANI SETIAWAN, . (2025) KOMUNIKASI INTERPERSONAL AYAH DAN ANAK REMAJA LAKI-LAKI DALAM MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI ANAK MENGENAI PENGALAMAN PRIBADI (STUDI DEKSRIPTIF PADA ANAK REMAJA LAKI-LAKI DI FORUM KOMUNIKASI REMAJA PONDOK JENGKOL). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Komunikasi interpersonal yang terjadi pada ayah dan anak remaja laki laki sangat berperan penting dalam sebuah keluarga. Ayah memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung keterbukaan anak mengenai pengalaman pribadi sering kali terganggu oleh kesibukan pekerjaan dan kurangnya komunikasi yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal ayah dan anak remaja laki-laki dalam meningkatkan keterbukaan diri anak mengenai pengalaman pribadi dengan menggunakan studi deskriptif pada anak remaja laki laki di Forum Komunikasi Remaja Pondok Jengkol. Penelitian ini menggunakan Teori Diri yang menjelaskan bahwa seseorang dibentuk berdasarkan hubungan dengan orang lain. Penelitian ini juga mengacu pada konsep komunikasi interpersonal yang menjelaskan bahwa komunikasi interpersonal merupakan proses sosial strategis yang berasal dari transaksi pertukaran pesan antara dua individu yang saling berbagi makna. Penelitian terdahulu juga menjadi landasan untuk memahami dimensi komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme untuk menggali pandangan subjek penelitian yang terdiri dari ayah, anak remaja laki-laki anggota Forum Komunikasi Remaja Pondok Jengkol dan seorang ahli dibidang komunikasi interpersonal. Menggunakan teknik purposive sampling dengan melakukan wawancara untuk mendapatkan data yang relevan, selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan teknik Milles dan Huberman, serta menggunakan teknik keabsahan data yaitu Triangulasi Sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang efektif memerlukan keterbukaan dari kedua belah pihak. Ayah yang mampu menjadi pendengar aktif serta memberikan respons yang positif dapat menciptakan iklim komunikasi yang sehat. Sebaliknya, komunikasi yang kurang harmonis terjadi ketika ayah lebih fokus pada pekerjaan dan jarang terlibat dalam percakapan mendalam dengan anaknya. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar ayah lebih aktif dalam menjalin komunikasi dengan anak remaja laki-laki, meski di tengah kesibukan kerja. Dengan keterbukaan diri yang baik, hubungan emosional yang sehat dapat terbentuk, sehingga anak merasa lebih nyaman dalam menyampaikan pikiran dan perasaannya kepada ayah. Kata Kunci: Keterbukaan diri, Komunikasi Interpersonal, Teori Diri. ***** Interpersonal communication that occurs in fathers and teenage boys plays a very important role in a family. Fathers have an important role to play in creating an environment that supports children's openness regarding personal experiences, often interrupted by busy work and lack of effective communication. The purpose of this study is to find out how interpersonal communication between fathers and adolescent boys increases children's openness about personal experiences by using a descriptive study on adolescent boys at the Pondok Jengkol Adolescent Communication Forum. This research uses Self Theory which explains that a person is formed based on relationships with others. This research also refers to the concept of interpersonal communication which explains that interpersonal communication is a strategic social process that comes from the exchange of messages between two individuals who share meaning. Previous research has also become the foundation for understanding the dimension of interpersonal communication. This study uses a qualitative descriptive method with a constructivism paradigm to explore the views of research subjects consisting of fathers, teenage boys, members of the Pondok Jengkol Youth Communication Forum and an expert in the field of interpersonal communication. Using the purposive sampling technique by conducting interviews to obtain relevant data, then the data was analyzed using the Milles and Huberman technique, and using the data validity technique, namely Source Triangulation. The results of the study show that effective interpersonal communication requires openness from both parties. Fathers who are able to be active listeners and provide positive responses can create a healthy communication climate. In contrast, less harmonious communication occurs when fathers are more focused on work and rarely engage in deep conversations with their children. Based on the results of the study, it is recommended that fathers be more active in communicating with teenage boys, even in the midst of busy work. With good self-openness, healthy emotional relationships can be formed, so that children feel more comfortable in conveying their thoughts and feelings to their father. Keywords: Self-openness, Interpersonal Communication, Self-Theory.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dini Safitri, S.Sos., M.Si. ; 2). Dr. Maulina Larasati Putri, M.I.Kom. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 26734 not found. |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 03:46 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 03:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53460 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |