ELLIA ERNANDILLA DJULI, . (2025) PENGARUH TERPAAN MEDIA ONLINE DETIK.COM TENTANG BERITA PENGINAPAN GRATIS APLIKASI TRAVEL COUCHSURFING TERHADAP SIKAP DALAM MENGGUNAKAN FITUR REQUEST TO STAY (Survei pada Followers Instagram @backpackerjakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (651kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Media online merupakan salah satu bentuk media massa yang berfungsi untuk penyebaran informasi. Salah satu media online yang sering populer yaitu Detik.com yang memuat berbagai informasi salah satunya tentang travelling. Berdasarkan penelitian sebelumnya, terpaan media dapat mempengaruhi sikap seseorang. Maka, peneliti tertarik ingin meneliti apakah ada pengaruh terpaan media online Detik.com tentang berita penginapan gratis aplikasi travel Couchsurfing terhadap sikap dalam menggunakan fitur request to stay pada followers Instagram @backpackerjakarta. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori integrasi informasi. Teori ini dikemukakan oleh Martin Fishbein, memiliki asumsi seseorang menyusun informasi yang diperoleh mengenai suatu individu, objek, situasi, dan ide atau gagasan guna membentuk sikap yang sesuai dengan konsep yang terbentuk dari hasil penerimaan informasi tersebut. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu terpaan media dan sikap. Terpaan media memiliki tiga dimensi, yaitu exposure, attention, dan exposure states. Sikap memiliki tiga dimensi, yaitu cognitive component, affective component, dan behavioral component. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan metode survei dengan penyebaran kuesioner melalui google form. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah followers akun Instagram @backpackerjakarta 75.126 followers per 25 Oktober 2024. Dari jumlah populasi tersebut, 100 followers dipilih sebagai sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Untuk menguji validitas ada penelitian ini yaitu menggunakan uji Kaiser Meyer Olkin dan Barlett’s Test. Sedangkan untuk mengetahui reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan tendensi sentral serta analisis bivariat dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengaruh terpaan media online Detik.com tentang berita penginapan gratis aplikasi travel Couchsurfing terhadap sikap dalam menggunakan fitur request to stay termasuk kategori kuat. Hasil penelitian berdasarkan mean menunjukkan hasil mean tertinggi pada variabel terpaan media yaitu dimensi exposure. Dimana ini menjelaskan proses awal seseorang terpapar pesan media. Responden mengakses, memahami, menangkap informasi, dan merasakan emosi tertentu saat membaca pesan media. Pada variabel sikap menunjukkan hasil mean tertinggi yaitu pada dimensi cognitive component. Pada dimensi ini media online Detik.com dianggap dapat memberikan manfaat, kemudahan, serta menjadi inovasi dan solusi baru. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan jika terpaan media online Detik.com tentang berita penginapan gratis aplikasi travel Couchsurfing terbukti memiliki pengaruh terhadap sikap dalam menggunakan fitur request to stay pada followers @backpackerjakarta. Saran yang dapat diberikan untuk media online Detik.com yaitu agar dapat meningkatkan keterlibatan pembaca dengan menyajikan berita dalam format yang lebih menarik khususnya di bidang travelling. aran untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat menggunakan metode penelitian yang lebih mendalam untuk lebih memahami faktor lain yang dapat mempengaruhi sikap seseorang. Kata Kunci: Terpaan Media, Media Online, Sikap, Couchsurfing. Online media is a form of mass media that functions to disseminate information. One of the online media that is often popular is Detik.com which contains various information, one of which is about traveling. Based on previous research, media exposure can effect a person's attitude. So, researcher are interested in examining whether there is an effect of Detik.com online media exposure about the news of free lodging in the Couchsurfing travel application on attitudes towards using the request to stay feature on Instagram followers @backpackerjakarta. The theory used in this study is information integration theory. This theory, proposed by Martin Fishbein, assumes that a person compiles information obtained about an individual, object, situation, and idea or idea in order to form an attitude that is in accordance with the concept formed from the receipt of this information. This study uses two variables, namely media exposure and attitude. Media exposure has three dimensions, namely exposure, attention, and exposure states. Attitude has three dimensions, namely cognitive component, affective component, and behavioral component. This study uses the positivism paradigm with a quantitative approach, and uses a survey method by distributing questionnaires via google form. The population used in this study were followers of the Instagram account @backpackerjakarta 75,126 followers as of October 25, 2024. From this population, 100 followers were selected as research samples using purposive sampling. To test the validity of this research, namely using the Kaiser-Meyer Olkin test and Barlett's Test. Meanwhile, to determine reliability using Cronbach Alpha. In this study using univariate analysis with frequency distribution and central tendency and bivariate analysis with simple linear regression analysis. The results of this study also show that the effect of Detik.com online media exposure about the news of free lodging in the Couchsurfing travel application on attitudes towards using the request to stay feature is in the strong category. The results of the study based on the mean show that the highest mean result on the media exposure variable is the exposure dimension. Where this explains the initial process of a person being exposed to media messages. Respondents access, understand, capture information, and feel certain emotions when reading media messages. The attitude variable shows the highest mean result, namely the cognitive component dimension. In this dimension, Detik.com online media is considered to provide benefits, convenience, and become new innovations and solutions. The conclusion obtained from this study states that exposure to Detik.com online media about the news of free lodging in the Couchsurfing travel application is proven to have an effect on attitudes towards using the request to stay feature on @backpackerjakarta followers. Suggestions that can be given to Detik.com online media are to be able to increase reader engagement by presenting news in a more interesting format, especially in the field of traveling. Suggestions for future research are to use more in depth research methods to better understand other factors that can effect a person's attitude. Keywords: Media Exposure, Online Media, Attitude, Couchsurfing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Elisabeth Nugrahaeni Prananingrum, M.Si. 2). Nada Arina Romli, M.I.Kom. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok Ilmu Sosial > Komunikasi Ilmu Sosial > Pariwisata |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 26764 not found. |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 07:57 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 07:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53499 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |