BAGUS KURNIAWAN, . (2025) TINDAK TUTUR DIREKTIF DAN EKSPRESIF DALAM TEKS DRAMA “TUHAN, TOLONG BUNUH EMAK” KARYA YESSY NATALIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA TEKS DRAMA KELAS XI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (712kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tindak tutur direktif dan ekspresif yang digunakan oleh para tokoh dalam teks drama “Tuhan, Tolong Bunuh Emak” karya Yessy Natalia dan mengkaji implikasinya terhadap pembelajaran teks drama pada siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Penelitian ini juga mengkaji bagaimana hasil analisis tersebut dapat diterapkan dalam pembelajaran teks drama di kelas XI sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Penelitian menemukan 113 data tindak tutur, terdiri dari 70 data tindak tutur direktif (62%) dan 43 data tindak tutur ekspresif (37%). Tindak tutur direktif yang dominan adalah meminta (42%), mencerminkan usaha tokoh dalam memenuhi kebutuhan materi dan batin. Tindak tutur ekspresif yang paling banyak adalah menyalahkan (19%), mencerminkan tekanan emosional dan keputusasaan tokoh. Selain itu, ditemukan pula tindak tutur memerintah (11%), mengecam (7%), dan lainnya. Minimnya tindak tutur ekspresif ucapan selamat (0%) menunjukkan dominasi konflik dalam drama. Penelitian ini menggambarkan hubungan antar tokoh dan tekanan psikologis yang mereka alami.Implikasi terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa analisis tindak tutur dalam diskusi ini relevan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan mengevaluasi teks drama. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan wawasan baru dalam kajian pragmatik sekaligus menawarkan strategi inovatif untuk pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada materi teks drama. ****** This study aims to analyze the directive and expressive speech acts used by the characters in the drama text "Tuhan, Tolong Bunuh Emak" by Yessy Natalia and examine its implications for teaching drama texts to 11th-grade students. The study employs a qualitative approach with content analysis methods. It also explores how the results of the analysis can be applied in teaching drama texts in 11th grade according to the Merdeka Curriculum. The research found 113 speech act data, consisting of 70 directive speech acts (62%) and 43 expressive speech acts (37%). The dominant directive speech act is requesting (42%), reflecting the characters' efforts to fulfill their material and emotional needs. The most common expressive speech act is blaming (19%), reflecting the emotional pressure and despair of the characters. Additionally, other speech acts found include commanding (11%), condemning (7%), and others. The lack of expressive speech acts such as congratulating (0%) indicates the dominance of conflict in the drama. This study illustrates the relationships between the characters and the psychological pressures they face. The implications for teaching suggest that analyzing speech acts in this discussion is relevant for improving students' ability to understand and evaluate drama texts. In conclusion, this research provides new insights into pragmatic studies while offering innovative strategies for teaching Indonesian, particularly in the context of drama text materials.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sintowati Rini Utami, M.Pd. 2). Etsa Purbarani, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Drama, Teater |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Bagus Kurniawan . |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:44 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 04:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53501 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |