DINDA AYU FIRANTI, . (2025) PENGARUH TERPAAN MEDIA ONLINE X @OFFICIALINEWS_ KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) CUT INTAN NABILA TERHADAP SIKAP GEN-Z DALAM MEMANDANG PERNIKAHAN (STUDI KUANTITATIF PADA COMMENTS AKUN X @OFFICIALINEWS_). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (911kB) |
![]() |
Text
Bab 1 - Dinda Ayu Firanti.pdf Download (563kB) |
![]() |
Text
BAB 2 - Dinda Ayu Firanti.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3 - Dinda Ayu Firanti.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4 - Dinda Ayu Firanti.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5 - Dinda Ayu Firanti.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Media massa saat ini menjadi media yang memiliki peranan sangat strategis dan penting dalam pemebntukan sebuah opini publik, dengan kemajuan digital media massa kini dapat diakses melalui media onlin. Media online berperan aktif dalam penyebarluasan informasi kepada publik yang turut mempengaruhi cara pandang masyarakat terutama pada media massa. Salah satu media massa yang diminati oleh masyarakat adalah Inews yang juga aktif melalui media sosial X Bernama @officialinews_ yang membagikan berita mengenai kekerasan dalam rumah tangga oleh seorang influencer Cut Intan Nabila yang berjudul “Armor Toreador Suami Cut Intan Dijerat Pasal Berlapis, Terancam 10 Tahun Penjara” pada tanggal 14 Agustus 2024 dengan mendapatkan 107 komentar, 178 quote, 744 yang menyukai laman dan 21 berita disimpan, dan mendapatakan 211.200 kali dilihat oleh masyarakat. Dengan adanya hal tersebut tujuan dari penelitian ini ialah, untuk mengetahui pengaruh terpaan media online akun X @officialinews_ Kekerasan Dalam Rumah Tangag (KDRT) Cut Intan Nabila Terhadap Sikap Gen-Z Dalam Memandang Pernikahan. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabel terpaan media sebagai variabel bebas dan variabel terikat terdapat sikap. Variabel terpaan media pada penelitian ini diukur dengan menggunakan dimensi yang dipaparkan oleh James Potter yang berisikan Exposure, Attention dan Exposure States. Kemudian untuk pengukuran variabel sikap menggunakan dimensi yang dijelaskan oleh Gregory R. Maio, Bas Verplanken, Geoffrey Haddock dengan dimensi Affective, Cognitive, dan Behavioral. Penelitian ini menggunakan teori agenda setting . Paradigma yang digunakan pada penelitian ini ialah paradigma positivism, pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis peneliatian eksplanatif dan juga menggunakan metode penelitian survei. Tedapat 107 populasi dan 85 sampel penelitian, Teknik penarikan sampel menggunakan Teknik purposive sampling dengan ukuran sampel Penelitian ini menerapkan uji Kaiser-Meyer-Olkin dan Bartlett’s Test untuk menguji validitas, serta uji Cronbach Alpha untuk menguji reliabilitas. Analisis univariat dilakukan dengan melihat nilai rata-rata yang tertera pada tabel distribusi frekuensi. Sementara itu, analisis bivariat menggunakan regresi linear sederhana untuk mengidentifikasi pengaruh antara variabel independen dan dependen. Penelitian ini menguji pengaruh terpaan media mengenai kasus KDRT Cut Intan Nabila di akun X @officialinews_ terhadap sikap Gen Z dalam memandang pernikahan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan dan positif antara terpaan media dengan sikap Gen Z. Responden yang terpapar berita tersebut mengalami peningkatan kesadaran dan pemikiran kritis tentang dampak KDRT terhadap pernikahan. Temuan ini mengindikasikan bahwa media memiliki peran penting dalam membentuk sikap emosional, kognitif, dan perilaku Gen Z terkait pandangan mereka terhadap pernikahan. Adapun saran yang peneliti berikan adalah penelitian selanjutnya diharapkan yaitu penelitian dapat diperluas dengan membandingkan pengaruh melalui beberapa platform media sosial untuk mengetahui audiens yang beragam serta membandingkan dari beberap a kasus KDRT yang terjadi di masyarakat untuk mengetahui perspsi publik terhadap pernikahan. Kata kunci: Terpaan media, Sikap, Media Massa. Mass media is currently a media that has a very strategic and important role in shaping public opinion, with the digital advancement of mass media can now be accessed through online media. Online media plays an active role in disseminating information to the public which also affects the public's perspective, especially in the mass media. One of the mass media that is in demand by the public is Inews which is also active through social media X Named @officialinews_ which shares news about domestic violence by an influencer Cut Intan Nabila entitled "Armor Toreador Husband Cut Intan Charged with Layered Articles, Threatened with 10 Years in Prison" on August 14, 2024 by getting 107 comments, 178 quotes, 744 liked the page and 21 news were saved, and got 211,200 views by the public. With this in mind, the purpose of this study is, to find out the influence of online media exposure to the X account @officialinews_ Domestic Violence (KDRT) Cut Intan Nabila on the attitude of Gen-Z in viewing marriage. This study has two variables, namely the variable of media exposure as an independent variable and the bound variable of attitude. The variables of media exposure in this study were measured using the dimensions presented by James Potter which contained Exposure, Attention and Exposure States. Then for the measurement of attitude variables, the dimensions explained by Gregory R. Maio, Bas Verplanken, Geoffrey Haddock with the dimensions of Affective, Cognitive, and Behavioral. This research uses the theory of agenda setting. The paradigm used in this study is the positivism paradigm, the approach used in this study is a quantitative research approach. The type of research used in this study is a type of explanatory research and also uses a survey research method. There were 107 populations and 85 research samples, The sample drawing technique used the purposive sampling technique with sample size This study applied the Kaiser-Meyer- Olkin and Bartlett's Test tests to test validity, as well as the Cronbach Alpha test to test reliability. Univariate analysis was carried out by looking at the average values listed on the frequency distribution table. Meanwhile, bivariate analysis uses simple linear regression to identify the influence between independent and dependent variables. This study examines the influence of media exposure to Cut Intan Nabila's domestic violence case on the X @officialinews_ account on Gen Z's attitude towards marriage. The results of the study showed that there was a significant and positive influence between media exposure and Gen Z attitudes. Respondents who were exposed to the news experienced increased awareness and critical thinking about the impact of domestic violence on marriage. These findings indicate that the media has an important role in shaping Gen Z's emotional, cognitive, and behavioral attitudes regarding their views on marriage. The suggestion given by the researcher is that the next research is expected to be expanded by comparing influences through several social media platforms to find out diverse audiences and comparing several cases of domestic violence that occur in the community to find out the public's perception of marriage. Keywords: Media exposure, Attitude, Mass Media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Marisa Puspita Sary, M.Si 2) Nada Arina Romli, M.Ikom |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 26763 not found. |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 08:05 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 08:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53516 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |