KANIA NUR UTAMI, . (2024) PENGARUH TERPAAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP SIKAP KESADARAN PENONTON MENGENAI POLYCYSTIC OVARY SYNDROME (PCOS) (SURVEI PENONTON YOUTUBE NIKITA WILLY OFFICIAL PADA KONTEN PODCAST 2 MARET 2024). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (583kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dengan kemunculan berbagai bentuk baru dari media informasi, media sosial memungkinkan pengguna dengan bebas mencari beragam informasi termasuk konten kesehatan reproduksi perempuan, khususnya polycystic Ovary Sindrome (PCOS). Banyaknya kasus PCOS yang masih kurang terdiagnosis menjadi masalah signifikan yang berbanding lurus dengan kurangnya kesadaran publik. Terpaan pada media sosial YouTube mengenai PCOS diharapkan dapat meningkatkan sikap kesadaran penonton sehingga mencegah kondisi PCOS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan media YouTube terhadap sikap kesadaran penonton mengenai PCOS pada konten podcast 2 Maret 2024 di YouTube Nikita Willy Official. Teori yang digunakan adalah teori nilai dugaan (expectancy-value) oleh Martin Fishbein & Icek Ajzen dengan inti valensi dan bobot. Valensi mengacu pada informasi mendukung (valensi positif) atau membantah keyakinan (valensi negatif) dan bobot yang diberikan pada informasi (bobot lebih tinggi atau bobot lebih rendah). Variabel independen penelitian ini adalah terpaan media dengan empat dimensi (automatic, attentional, transported, self-reflexive) dan variabel dependen dengan tiga dimensi (cognitive, affective, behavioral). Paradigma penelitian ini yaitu paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah penonton konten podcast mengenai PCOS tanggal 2 Maret 2024 di YouTube Nikita Willy Official periode Maret - Juli 2024. Teknik penarikan sampel penelitian ini adalah purposive sampling dengan analisis data menggunakan analisis univariate dan bivariate. Hasil penelitian menunjukan bahwa terpaan media YouTube pada konten podcast 2 Maret 2024 di YouTube Nikita Willy Official berpengaruh terhadap sikap kesadaran penonton mengenai PCOS melalui dimensi automatic sebagai dimensi mean tertingi, yang berarti dimensi automatic memiliki pengaruh paling besar pada terpaan media terhadap sikap. Kemudian pada variabel sikap ditemukan hasil bahwa dimensi cognitive mendapatkan nilai mean tertinggi. Selain itu, pengaruh yang cukup kuat juga diperoleh melalui hasil uji regresi linear sederhana dan uji t yang menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan koefisien determininasi 58,9%. Disimpulkan dalam penelitian ini, terpaan media YouTube pada konten podcast 2 Maret 2024 mengenai PCOS di YouTube Nikita Willy Official, memberikan pengaruh yang kuat akibat paparan pesan yang dirasakan secara fisik sesuai dengan persepsi indera manusia dan belanjut pada pemrosesan pesan otomatis dan berpengaruh terhadap perubahan sikap kesadaran penonton dalam kategori cognitive, dimana keyakinan, pemikiran dan pertimbangan positif membentuk sikap kesadaran mengenai PCOS. Diharapkan konten podcast yang memuat informasi kesehatan reproduksi khususnya PCOS dapat membentuk komunikasi interaktif dalam hubungan dengan penonton sehingga secara tepat membentuk sikap kesadaran penonton. ***** With the presence of various new forms of information media, social media allows users to freely search for various information including women's reproductive health content, especially Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). The large number of underdiagnosed PCOS cases is a significant problem that is directly proportional to public awareness. Media exposure on YouTube social media about PCOS is expected to increase audience awareness so as to prevent PCOS. This study aims to determine the influence of YouTube media exposure on audience awareness of PCOS on podcast content March 2, 2024 on YouTube Nikita Willy Official. The theory used is the expectancy-value theory by Martin Fishbein & Icek Ajzen with the core of valence and weight. Valence refers to information that supports (positive valence) or refutes beliefs (negative valence) and the weight given to information (higher weight or lower weight). The independent variable of this study is exposure media with four dimensions (automatic, attention, transport, self-reflexive) and the dependent variable has three dimensions (cognitive, affective, behavioral). The paradigm of this research is the positivist paradigm with a descriptive quantitative approach and using a survey method. The population in this study were viewers of podcast content about PCOS on March 2, 2024 on Nikita Willy Official YouTube for the period March - July 2024. The sampling technique for this study was purposive sampling with data analysis using univariate and bivariate analysis. The results showed that YouTube media exposure to the March 2, 2024 podcast content on Nikita Willy Official YouTube had an effect on the audience's awareness of PCOS through the automatic dimension as the highest mean dimension, which means that the automatic dimension has the greatest influence on media exposure to attitudes. Then in the attitude variable, the results found that the cognitive dimension had the highest mean value. In addition, a fairly strong influence was also obtained through the results of the simple linear regression test and the t-test which stated that Ho was rejected and Ha was accepted with a determination coefficient of 58.9%. It is concluded in this study, YouTube media exposure on the March 2, 2024 podcast content regarding PCOS on YouTube Nikita Willy Official, has a strong influence due to exposure to messages that are felt physically according to human sensory perception and continue to automatic message processing and influence changes in audience attitudes in the cognitive category, where beliefs, thoughts and positive considerations form an attitude of awareness regarding PCOS. It is hoped that podcast content containing reproductive health information, especially PCOS, can form interactive communication in relationships with viewers so that it appropriately forms an attitude of audience awareness.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Elisabeth Nugrahaeni P., M.Si. ; 2). Dr. Dini Safitri, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 26731 not found. |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 01:26 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 01:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53529 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |