PENGEMBANGAN E-MODUL KEPANG DAN PILIN BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN PENGERITINGAN RAMBUT DAN PENATAAN SANGGUL TRADISIONAL DAN KREATIF

AZLYA FIRDAUSI, . (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL KEPANG DAN PILIN BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN PENGERITINGAN RAMBUT DAN PENATAAN SANGGUL TRADISIONAL DAN KREATIF. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (453kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermula dari adanya keterbatasan waktu dan keterbatasan media pembelajaran pada materi penataan rambut dengan teknik kepang dan pilin yang menimbulkan kesulitan dalam proses belajar bagi peserta didik kelas XII KKR di SMK Negeri 7 Tangerang Selatan. Tujuan penelitian ini menghasilkan E-Modul Kepang dan Pilin berbasis Canva yang layak dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D berupa tahapan Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket sebagai penilaian validasi ahli materi dan media serta uji praktikalitas dari peserta didik. Hasil yang diperoleh dari uji validasi ahli materi 1 tahap I sebesar 57,77% dan tahap II 94,44%. Adapun hasil uji validasi kelayakan materi pada ahli materi 2 sebesar 88,88% dengan kategori “Sangat Layak”. Kemudian, hasil validitas ahli media tahap I sebesar 80% dan tahap II 83,63% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji praktikalitas produk yang terdiri dari uji coba perorangan memperoleh nilai 96,66% dan uji coba terbatas sebesar 95,4% dengan kategori “Sangat Praktis”. Dengan demikian, E-Modul Kepang dan Pilin sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran.*****This research departs from problem of limited time and learning media on hair styling material with braiding and twisting techniques which caused difficulties in the learning process for class XII KKR students at SMK Negeri 7 Tangerang Selatan. The aim of this research is to produce E-Module Braids and Twist developed based on Canva. This research uses the Research and Development method with a 4-D development model, namely Define, Design, Development, and Disseminate. Data collection in this study used a questionnaire as an assessment of the validation of material and media experts and a practicality test from students. The results obtained from the validation test of material experts stage 1 were 57.77% and stage II 94.44%. The validation test of the feasibility of the material on material experts 2 was 88.88% with the category "Very Feasible". The results of the validity of the media expert stage I were 80% and stage II 83.63% with the category "Very Feasible". The results of the product practicality test consisting of individual trials obtained a value of 96.66% and a limited trial of 95.4% with the category "Very Practical". Thus, the E-Module Braids and twist is very feasible and very practical to use as a learning medium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nurina Ayuningtyas, M. Pd. ; 2). Dra. Lilis Jubaedah, M. Kes.
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 26874 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2025 01:57
Last Modified: 27 Feb 2025 01:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53583

Actions (login required)

View Item View Item