KONSTRUKSI SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN QUARTER LIFE CRISIS PADA GENERASI Z (STUDI KASUS 5 MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

NADYA ANANDA NAJLA, . (2025) KONSTRUKSI SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN QUARTER LIFE CRISIS PADA GENERASI Z (STUDI KASUS 5 MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (550kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu pertama, untuk mengetahui bagaimana quarter life crisis pada diri mahasiswa gen Z Pendidikan Sosiologi angkatan 2019 dibentuk oleh konstruksi sosial. Kedua, untuk mendeskripsikan bentuk quarter life crisis yang dialami oleh mahasiswa sebagai gen Z. Ketiga, untuk mendeskripsikan dampak yang ditimbulkan oleh quarter life crisis pada mahasiswa Pendidikan Sosiologi angkatan 2019 sebagai gen Z. Tempat penelitian dilakukan di masing-masing tempat tinggal informan dan di lingkungan Universitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun data temuan diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur. Subjek penelitian ini adalah sebanyak 5 orang informan kunci, yakni mahasiswa Pendidikan Sosiologi angkatan 2019. Dilengkapi dengan 5 informan triangulasi yang terdiri dari anggota keluarga ataupun teman dekat, serta 1 orang staf administrasi Program Studi Pendidikan Sosiologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa quarter life crisis pada lima mahasiswa Pendidikan Sosiologi angkatan 2019 UNJ banyak dipengaruhi oleh ekspektasi sosial, tekanan akademik, dan hubungan interpersonal yang terjalin melalui interaksi dengan lingkungan sekitar. Penggunaan teori konstruksi sosial yang digagas Peter L. Berger dan Thomas Luckmann menjelaskan bahwa momen dialektika; eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi, membentuk realitas sosial pada mahasiswa gen Z. Faktor eksternal seperti tuntutan atau harapan orang tua dan standar sosial berkontribusi terhadap pembentukan krisis, sedangkan faktor internal turut memengaruhi bagaimana mahasiswa merespons krisis ini. ***** This study has three main objectives, first, to find out how the quarter life crisis in Sociology Education students of the class of 2019 as gen Z is formed by social construction. Second, to describe the forms of quarter life crisis experienced by students as gen Z. Third, to describe the impact of the quarter life crisis on Sociology Education students of the class of 2019 as gen Z. The place where this research was conducted was at the residence of each informant, also in Jakarta State University. This study uses a qualitative approach with a case study method. The data findings were obtained through interviews, observations, and literature studies. The subjects of this study were 5 key informants of Sociology Education students from the class of 2019. Equipped with 5 triangulation, consisting of family members or close friends and an administrative staff member of the Sociology Education Study Program. The results of this study show that the quarter life crisis in five Sociology Education students from the class of 2019 was influenced by social expectations, academic pressure, and interpersonal relationships that were established through interactions with surrounding environment. The use of social construction of reality theory by Peter L. Berger and Thomas Luckmann in this study explains that the dialectical moments of externalization, objectivation, and internalization form the social reality of gen Z students. External factors, such as parental demands or expectations and social standards, contribute to the formation of the crisis, while internal factors, also influence how the students respond to the crisis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Syaifudin, M.Kesos. ; 2). Dr. Ahmad Tarmiji Alkhudri, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 26787 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2025 04:59
Last Modified: 27 Feb 2025 04:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53586

Actions (login required)

View Item View Item