ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) SEBAGAI ALAT BANTU PENYELESAIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

BIMO NUGROHO, . (2025) ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) SEBAGAI ALAT BANTU PENYELESAIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi artificial intelligence (AI) sebagai alat bantu penyelesaian skripsi pada mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang mengukur tingkat pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman mahasiswa dalam menggunakan aplikasi artificial intelligence (AI) sebagai alat bantu penyelesaian skripsi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan explanatory factor analysis untuk mengidentifikasi pola hubungan antar aplikasi AI yang digunakan, kemudian dilanjutkan dengan analisis statistik deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata dari aspek pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi AI dapat dikelompokkan ke dalam tujuh kategori utama berdasarkan fungsinya, yaitu penulisan, riset dan analisis, dokumen dan referensi, chatbot, ringkasan teks, parafrase dan penerjemah, serta pemeriksaan tata bahasa. Dari 30 aplikasi yang tersedia, ChatGPT menjadi yang paling banyak digunakan mahasiswa dalam penyusunan skripsi. Rata-rata tingkat pengetahuan mahasiswa tentang aplikasi AI sebesar 53% kategori “cukup”, sementara tingkat pemahaman mencapai 47,93% kategori “cukup”. Sebagian besar mahasiswa (27,3%) telah menggunakan AI selama 6–12 bulan, dengan frekuensi penggunaan beberapa kali seminggu (54,7%) dan durasi per sesi 1–2 jam (31,4%). Hasil ini menunjukkan bahwa AI berperan penting dalam penyelesaian skripsi, tetapi masih perlu peningkatan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa, dengan tetap memperhatikan etika akademik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa aplikasi AI memiliki peran penting dalam mendukung penyelesaian skripsi mahasiswa, namun masih diperlukan peningkatan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa terhadap aplikasi artificial intelligence (AI) dengan tetap memperhatikan prinsip etika akademik. **** ********* This study aims to analyze the use of artificial intelligence (AI) applications as a thesis completion tool for students of the Faculty of Engineering, State University of Jakarta. This study uses a quantitative descriptive method with data collection techniques through a questionnaire that measures the level of knowledge, understanding, and experience of students in using artificial intelligence (AI) applications as a thesis completion tool. The data obtained were analyzed using explanatory factor analysis to identify patterns of relationships between AI applications used, then continued with descriptive statistical analysis by calculating the average value of the aspects of knowledge, understanding, and previous experience. The results showed that AI applications can be grouped into seven main categories based on their functions, namely writing, research and analysis, documents and references, chatbot, text summarization, paraphrasing and translator, and grammar checking. Of the 30 applications available, ChatGPT is the most widely used by students in preparing their thesis. The average level of student knowledge about AI applications was 53% in the “moderate” category, while the level of understanding reached 47.93% in the “moderate” category. Most students (27.3%) have been using AI for 6-12 months, with frequency of use several times a week (54.7%) and duration per session of 1-2 hours (31.4%). These results show that AI plays an important role in thesis completion, but there is still a need to increase student knowledge and understanding, while still paying attention to academic ethics. Therefore, it can be concluded that AI applications have an important role in supporting students' thesis completion, but it is still necessary to increase students' knowledge and understanding of artificial intelligence (AI) applications while still paying attention to the principles of academic ethics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Tuti Iriani, M.Si. ; 2). R. Eka Murtinugraha, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 26671 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2025 08:10
Last Modified: 26 Feb 2025 08:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53624

Actions (login required)

View Item View Item