SITI AULIA TRI CAHYANI, . (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI BAGI SISWA DENGAN AUTISME MELALUI MEDIA PERAGA GIGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggosok gigi siswa dengan autisme melalui penerapan media peraga gigi dalam latihan menggosok gigi. Penelitian menggunakan metode single subject research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa dengan autisme kelas 10 SMALB di SLB Maitri School dengan kemampuan menggosok gigi yang rendah. Estimasi kecenderungan arah dan jejak data yang diperoleh pada seluruh aspek adalah meningkat setelah diberikan intervensi. Level perubahan setelah diberikan intervensi pada aspek meletakkan pasta gigi di atas bulu sikat dan menggosok bagian kunyah gigi diperoleh +2 yang bermakna meningkat dari kondisi awal, pada aspek menggosok gigi bagian depan, menggosok gigi bagian samping kanan dan kiri, dan menggosok bagian permukaan gigi memperoleh +1 yang menunjukkan makna membaik dari kondisi awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menggosok gigi siswa dengan autisme mengalami peningkatan melalui media peraga gigi. ***** This study aims to determine the improvement teeth brushing skills in students with autism by applying dental phantom media. The study employed a Single Subject Research (SSR) method with an A-B-A design. The subject of this study was a 10th-grade student with autism at SLB Maitri School with low teeth brushing skills. The estimated trend direction and data trajectory across all aspects show an upward. The level of change after intervention on the aspects of the ability to apply toothpaste on the toothbrush bristles and to brush the teeth on the chewing part was +2, indicating a significant improvement from the baseline condition. While the ability to brush the front teeth, brushing the right and left sides of the teeth, and brushing the teeth on the surface showed +1 level of change, indicating an improvement from the baseline condition. The result of the study showed thatthe teeth brushing skills of students with autism improved through the use of dental phantom media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Hartini Nara, M.Si.; 2). Dr. Lalan Erlani, M.Ed. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 26918 not found. |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 08:38 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 08:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |