MAUDY MARSELINA, . (2025) ANALISIS PERILAKU KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA DI SMPN 3 JAKARTA. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
Cover-Daftar Isi.pdf Download (781kB) |
![]() |
Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
BAB 2 Kajian Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
![]() |
Text
BAB 3 Medologi Penelitian.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
![]() |
Text
BAB 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) |
![]() |
Text
BAB 5 Penutup.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
Lampiran dan Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perilaku kepedulian lingkungan siswa di SMPN 3 Jakarta, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian perilaku kepedulian lingkungan siswa di SMPN 3 Jakarta diukur melalui delapan indikator yaitu perawatan lingkungan dengan persentase 38% kategori rendah, pengurangan penggunaan sampah plastik dengan persentase 33% kategori sedang, pengelolan sampah dengan persentase 35% kategori sedang, pengurangan emisi karbon 40% kategori tinggi, penghematan energi dengan persentase 28% kategori sedang, penanaman pohon dengan persentase 47% kategori sedang dan pemanfaatan barang bekas dengan persentase 47% dalam kategori sedang dan perlindungan flora dan fauna dengan persentase 38% dalam kategori sedang. Faktor yang mempengaruhi kepedulian lingkungan terdapat empat faktor yaitu ketidaktahuan, kemiskinan, kemanusian dan gaya hidup. Ketidaktahuan terjadi karena kurangnya pengetahuan mengenai kepedulian lingkungan pada siswa dengan alasan bahwa siswa tidak mengikuti pelatihan yang diadakan, kemiskinan mempengaruhi siswa dalam berperilaku kepedulian lingkungan hal tersebut terlihat adanya siswa yang tingal di bantaran kali dengan tidak adanya pungutan biaya untuk penangan sampah tetapi siswa masih membuang sampah sembarangan, siswa yang mengikuti pelatihan secara langsung memiliki perbedaan antara rasa kemanusian dan gaya hidup mereka lebih memperhatikan lingkungan serta turut mengaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari. ***** This research aims to describe the environmental awareness behavior of students at SMPN 3 Jakarta. The study utilizes a descriptive research method with data collection techniques including questionnaires, interviews, observations, and literature review. Data analysis techniques employed are data reduction, data presentation, conclusion drawing, and verification. Based on the research findings, students' environmental awareness behavior at SMPN 3 Jakarta is measured through eight indicators: environmental care with a percentage of 38% in the low category, reduction of plastic waste with 33% in the moderate category, waste management with 35% in the moderate category, carbon emission reduction with 40% in the high category, energy conservation with 28% in the moderate category, tree planting with 47% in the moderate category, reuse of items with 47% in the moderate category, and protection of flora and fauna with 38% in the moderate category. There are four factors that influence environmental awareness, namely ignorance, poverty, humanity and lifestyle. Ignorance occurs due to a lack of knowledge regarding environmental awareness among students on the grounds that students do not take part in the training provided, poverty influences students in behaving in an environmentally conscious manner. This can be seen by students who live on riverbanks with no fees for waste management but students still throw rubbish carelessly, students who take part in direct training have The difference between their sense of humanity and their lifestyle pays more attention to the environment and applies it in their daily activities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dian Alfia Purwandari, M.Si. ; 2). Achmad Nur Hidayaht, M.Pd |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Users 26902 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 06:00 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 06:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53668 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |