ANANDA PUTRI, . (2025) PENGEMBANGAN FLIPBOOK BERBASIS SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (505kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flipbook berbasis SAVI untuk meningkatkan literasi sains pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Pengembangan flipbook dilakukan dengan mengikuti model four-D oleh Thiagarajan sebagai acuan. Four-D terdiri dari empat tahapan dalam pengembangan produk yang dibutuhkan dalam pembelajaran yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Produk juga diujicobakan kepada peserta didik dan guru wali kelas untuk mengetahui respon pengguna. Hasil uji validasi flipbook berbasis SAVI oleh ahli media mendapatkan skor sebesar 99,5% dengan kategori “Sangat Layak”, oleh ahli materi sebesar 97,5% dengan kategori “Sangat Layak”, dan oleh ahli bahasa sebesar 80% dengan kategori “Layak”. Secara keseluruhan, flipbook berbasis SAVI mendapatkan skor rata-rata oleh ketiga ahli sebesar 92,3% dengan kategori “Sangat Layak” digunakan untuk peserta didik kelas V sekolah dasar. Hasil rata-rata uji pengguna one-to-one oleh 3 orang peserta didik terhadap flipbook berbasis SAVI yaitu sebesar 91,2% dan termasuk dalam kategori sangat layak digunakan. Hasil rata-rata uji pengguna small group oleh 6 orang peserta didik terhadap flipbook berbasis SAVI yaitu sebesar 93,2% dan termasuk dalam kategori sangat layak digunakan. Hasil rata-rata uji respon pengguna large group oleh 26 orang peserta didik terhadap flipbook berbasis SAVI yaitu sebesar 93,5% dan termasuk dalam kategori sangat layak digunakan. Hasil uji respon guru terhadap produk flipbook berbasis SAVI, dihasilkan rata-rata persentase kelayakan sebesar 96,5% dan berada dalam kategori sagat layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji N-Gain flipbook berbasis SAVI memperoleh skor sebesar 0,84 > 0,7, sehingga berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik dan flipbook berbasis SAVI dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu flipbook berbasis SAVI dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik kelas V pada pembelajaran IPA sekolah dasar. ***** This study aims to develop SAVI-based flipbook media to improve science literacy in elementary school science learning. The flipbook development was carried out by following Thiagarajan's four-D model as a reference. Four-D consists of four stages in developing products needed in learning, namely Define, Design, Develop, and Disseminate. Product validation was carried out by media experts, material experts, and linguists. The product was also tested on students and homeroom teachers to determine user responses. The results of the SAVI-based flipbook validation test by media experts received a score of 99.5% in the “Very Feasible” category, by material experts of 97.5% in the “Very Feasible” category, and by linguists of 80% in the “Feasible” category. Overall, SAVI-based flipbooks get an average score by the three experts of 92.3% with the category “Very Feasible” used for grade V elementary school students. The average results of the one-to-one user test by 3 students on SAVI-based flipbooks were 91.2% and included in the category very feasible to use. The average results of small group user tests by 6 students on SAVI-based flipbooks are 93.2% and are included in the category very feasible to use. The average results of the large group user response test by 26 students on SAVI-based flipbooks are 93.5% and are included in the category very feasible to use. The results of the teacher response test to SAVI-based flipbook products resulted in an average percentage of the feasibility of 96.5% and is in the category of very feasible to use in learning. The SAVI-based flipbook N-Gain test results obtained a score of 0.84> 0.7, which is in the high category. Based on this, it can be stated that students' science literacy skills increased, and SAVI-based flipbooks can be used to improve students' science literacy skills. The conclusion of this study is that SAVI-based flipbooks are declared very feasible and can be used to improve the science literacy of fifth-grade students in elementary school science learning.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Hadi Nasbey, S.Pd., M.Si.; 2). Prof. Dr. Mohammad Syarif Sumantri, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Ananda Putri . |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 01:48 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 01:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |