SHAZRIN DANIYAH KHANSA, . (2024) PENGARUH TERPAAN KAMPANYE HASHTAG #ONEDAYONETRASHBAG TERHADAP SIKAP PEDULI SAMPAH PADA COMMENTERS TIKTOK @PANDAWARAGROUP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (576kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (952kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kampanye merupakan upaya yang dilakukan oleh suatu individu atau kelompok untuk membujuk atau mempengaruhi sasaran khalayak dengan tujuan untuk menciptakan efek tertentu. Sama halnya dengan terpaan kampanye hashtag #onedayonetrashbag yang dilakukan oleh Pandawara Group yang bertujuan mempengaruhi dan menumbuhkan sikap peduli sampah pada commenters TikTok @pandawaragroup. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terpaan kampanye hashtag #onedayonetrashbag terhadap sikap peduli sampah pada commenters TikTok @pandawaragroup. Teori yang digunakan adalah teori integrasi informasi yang membahas mengenai bagaimana seseorang untuk mengatur dan mengakumulasikan suatu informasi sehingga dapat membentuk sikap terhadap objek tersebut. Variabel independen pada penelitian ini adalah terpaan kampanye yang memiliki empat dimensi yaitu pelaku kampanye, pesan kampanye, saluran kampanye, dan khalayak kampanye. Sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah sikap yang memiliki tiga dimensi yaitu cognitive, affective, dan behavioral intentions. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini adalah paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan jenis penelitian eksplanatif. Populasi pada penelitian ini adalah commenters TikTok @pandawaragroup pada konten tanggal 24 Mei 2024 sebanyak 61.300 dengan sampel penelitian berjumlah 100 commenters. Penarikan sampel diambil menggunakan purposive sampling. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis univariate dan bivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh dari terpaan kampanye hashtag #onedayonetrashbag terhadap sikap peduli sampah pada commenters TikTok @pandawaragroup. Dari variabel terpaan kampanye, dimensi saluran kampanye memberikan pengaruh terbesar. Sedangkan dimensi pesan kampanye memberikan pengaruh terendah. Dari variabel sikap, dimensi affective memberikan pengaruh terbesar. Sedangkan dimensi behavioral intentions memberikan pengaruh terendah. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang cukup kuat antara terpaan kampanye hashtag #onedayonetrashbag terhadap sikap peduli sampah pada commenters TikTok @pandawaragroup. Adapun saran peneliti yaitu diharapkan pihak TikTok @pandawaragroup untuk lebih menjelaskan arti dilakukannya terpaan kampanye hashtag #onedayonetrashbag sehingga commenters lebih mudah memahami arti dari terpaan kampanye tersebut serta membuat konten dan acara yang lebih beragam sehingga dapat merubah keinginan commenters untuk berperilaku dan bertindak terhadap isu sampah yang ada di lingkungan. ***** A campaign is an effort made by an individual or group to persuade or influence the target audience with the aim of creating a certain effect. It is the same as the exposure of the hashtag campaign #onedayonetrashbag carried out by the Pandawara Group which aims to influence and foster an attitude of caring about waste in TikTok commenters @pandawaragroup. The purpose of this study was to determine the effect of exposure to the hashtag campaign #onedayonetrashbag on the attitude of caring about waste in TikTok commenters @pandawaragroup. The theory used is the information integration theory which discusses how someone organizes and accumulates information so that it can form an attitude towards the object. The independent variable in this study is campaign exposure which has four dimensions, namely campaign actors, campaign messages, campaign channels, and campaign audiences. While the dependent variable in this study is attitude which has three dimensions, namely cognitive, affective, and behavioral intentions. The paradigm used in this study is the positivism paradigm with a quantitative approach. The research method used is the survey method with an explanatory research type. The population in this study were TikTok commenters @pandawaragroup on the content dated May 24, 2024, totaling 61,300 with a research sample of 100 commenters. Sampling was taken using purposive sampling. The data analysis in this study used univariate and bivariate analysis. The results of this study indicate that there is an influence of exposure to the #onedayonetrashbag hashtag campaign on the attitude of caring about waste in TikTok commenters @pandawaragroup. From the campaign exposure variables, the campaign channel dimension has the greatest influence. While the campaign message dimension has the lowest influence. From the attitude variables, the affective dimension has the greatest influence. While the behavioral intentions dimension has the lowest influence. The conclusion of this study is that there is a fairly strong influence between exposure to the #onedayonetrashbag hashtag campaign on the attitude of caring about waste in TikTok @pandawaragroup commenters. The researcher's suggestion is that TikTok @pandawaragroup is expected to further explain the meaning of the #onedayonetrashbag hashtag campaign exposure so that commenters can more easily understand the meaning of the campaign exposure and create more diverse content and events so that they can change the desire of commenters to behave and act on waste issues in the environment.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Elisabeth Nugrahaeni P, M.Si. ; 2). Dr. Wiratri Anindhita, M.Sc, CPR. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Shazrin Daniyah Khansa . |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 07:58 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 07:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53718 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |