SARAH NUR AWALIAH, . (2025) HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL IBU DAN ANAK DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Keterampilan sosial merupakan bekal penting bagi anak untuk menghadapi tantangan di masa depan. Salah satu faktor yang berperan dalam membentuk keterampilan sosial anak adalah komunikasi interpersonal antara ibu dan anak. Banyaknya anak yang kurang mampu untuk mengontrol diri atau emosinya membuat anak kurang mampu untuk menjalin interaksi secara efektif dengan lingkungan sekitar sehingga cenderung memilih tindakan agresif sebagai strategi dalam mengekspresikan perasaan. Hal ini berakibat pada rendahnya keterampilan sosial anak. Komunikasi interpersonal yang baik membantu anak belajar mengelola emosi, berinteraksi secara positif, dan memahami perasaan orang lain. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate Stratified random sampling yang berjumlah 155 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Penelitian dilakukan di TK/PAUD yang berada di Desa Sukamanah, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal ibu dan anak dengan keterampilan sosial anak usia prasekolah berada pada keeratan yang kuat (r =0,752). Semakin tinggi komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh ibu dan anak akan meningkatkan keterampilan sosial anak usia prasekolah, begitupun sebaliknya. ***** Social skills are important provisions for children to face future challenges. One of the factors that plays a role in forming children's social skills is interpersonal communication between mothers and children. The large number of children who are less able to control themselves or their emotions makes children less able to interact effectively with their surroundings so that they tend to choose aggressive actions as a strategy in expressing feelings. This results in low social skills in children. Good interpersonal communication helps children learn to manage emotions, interact positively, and understand the feelings of others. This study uses a quantitative method with a correlational approach. The sampling technique uses proportionate Stratified random sampling totaling 155 people. Data collection was carried out by distributing questionnaires. The study was conducted at a kindergarten/early childhood education in Sukamanah Village, Cisaat District, Sukabumi Regency. Data analysis used in this study includes the Pearson product moment correlation test. The results of this study indicate that there is a relationship between interpersonal communication between mothers and children and the social skills of preschool children in a strong closeness (r = 0.752). The higher the interpersonal communication carried out by mothers and children will improve the social skills of preschool children, and vice versa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Uswatun Hasanah, M. Si. ; 2). MulyatI, M.Pd., M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Users 26852 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 02:36 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 02:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53735 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |